Banjarmasin, infobanua.co.id – Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan memastikan pemberian pelayanan kepada peserta telah berjalan dengan baik, BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin rutin melaksanakan proses recredentialing terhadap FKTP. Kali ini, proses recredentialing dilakukan di salah satu daerah ujung Provinsi Kalimantan Selatan yakni Puskesmas Tanjung Selar, Puskesmas Tanjung Seloka, Puskesmas Tanjung Lalak dan Puskesmas Lontar.

 

“Kegiatan recredentialing rutin dilaksanakan sebagai upaya kami untuk menjaga dan memastikan mutu pelayanan yang diberikan oleh FKTP kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah diakomodir dengan baik. FKTP diharapkan mampu memenuhi kelengkapan sarana prasarana, sumber daya manusia, perluasan lingkup pelayanan serta komitmen yang nantinya akan dijadikan sebagai salah satu kriteria apakah FKTP tersebut bisa memperpanjang kerja sama dengan BPJS Kesehatan,” jelas Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasing, Nancy Agitha.

 

Nancy melanjutkan bahwa kegiatan ini merupakan kewajiban BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN untuk memastikan peserta mendapatkan pelayanan yang optimal dari FKTP.

 

“Tentunya pelayanan yang baik harus ditunjang dari segala aspek, baik dari segi administrasi hingga pelayanan serta sarana prasarananya. Dari segi administrasi seperti NPWP, Surat Izin Operasional (SIO), Surat Izin Praktik (SIP), Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA), Surat Izin Praktik/Kerja (SIP/SIK) serta berkas lainnya yang berkaitan dengan sarana prasana harus rutin diupdate oleh FKTP,” kata Nancy.

 

Nancy berharap, dukungan dan komitmen dari FKTP yang telah bekerja sama untuk melaksanakan pemenuhan kewajiban sesuai perjanjian kerja sama yang telah disepakati, sehingga peserta yang mendapatkan pelayanan di FKTP tersebut memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan.

 

Senada dengan hal tersebut, Kepala Puskesmas Tanjung Selayar, Edi menyampaikan, pihaknya berkomitmen dan mendukung penuh kegiatan recredentialing sebagi upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

 

“Kami sebagai pemberi layanan kesehatan kepada masyarakat termasuk peserta JKN selalu berupaya mengikuti ketentuan yang berlaku dan memberikan pelayanan yang optimal kepada setiap pasien yang berkunjung ke tempat kami. Dengan kegiatan recredentialing ini bisa menjadi masukan untuk kami sehingga kami bisa lebih konsisten dan lebih baik dalam memberikan pelayanan, tentunya hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan peserta yang berkunjung di FKTP kami,” ucap Edi. (YG/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *