Banjarmasin, infobanua.co.id – Penyakit asma merupakan penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, sesak napas dan batuk-batuk. Beberapa pemicunya antara lain debu, asap rokok, bulu binatang, udara dingin, aktivitas fisik, infeksi virus atau bahkan terpapar zat kimia.

 

Seperti yang dialami peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI APBN) yaitu Nor Janah yang kerap disapa Janah ini menderita penyakit asma sudah sejak lama. Janah yang ditemui oleh Petugas Pemberi Informasi Dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Aris Dewa Handayanto pada saat melakukan spotcheck di Rumah Sakit Ansari Saleh Banjarmasin, Kamis (29/09) berbagi cerita dan pengalaman serta mendapatkan informasi terbaru dari BPJS Kesehatan.

 

“Alhamdulillah saya beserta keluarga mendapatkan kartu JKN yang dibayarkan oleh pemerintah pusat yang dibagikan melalui kelurahan. Pada saat asmanya kambuh, saya berulang kali mendapatkan layanan rawat inap di Rumah Sakit Ansari Saleh hingga kondisi saya stabil. Selama beberapa kali dirawat, saya tidak pernah mengeluarkan biaya sepeserpun,” ujar Janah.

 

Riwayat penyakit asmanya diakui Janah sudah sejak lama diderita, sehingga ia selalu mempersiapkan obat untuk mencegah apabila asmanya kambuh untuk yang mungkin menyerang apabila sudah merasakan sesak nafas.

 

“Asma saya sering kambuh apabila saya melakukan aktivitas yang cukup keras. Oleh karenanya saya selalu sedia obat-obatan yang saya dapat dari rawat jalan menggunakan kartu JKN. Obat yang saya dapat pun semuanya gratis karena sudah ditanggung oleh Program JKN,” kata Janah.

 

Janah menyampaikan bahwa Program JKN sangat membantunya dan keluarga dalam menjalani perawatan dikala asmanya kambuh. Janah mengaku dapat bernafas lega karena saat berobat tidak perlu pusing memikirkan biaya karena semua biaya pelayanan kesehatan gratis dan pelayanannya juga bagus .

 

“Selama ini saya hanya mendengar dari orang lain kalau pelayanan fasilitas kesehatan kurang bagus kalau berobat menggunakan kartu Program JKN,. Namun hal tersebut terbukti tidak benar karena saya sudah merasakan sendiri bahwa selama mengikuti prosedur semuanya bagus tidak ada kendala. Untuk masyarakat di luar sana tidak perlu lagi khawatir mendengar berita-berita dari luar yang kurang mengenakkan tentang Program JKN karena kenyataannya terbalik,” tutup Janah. (YG/gn).

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *