Banjarmasin, infobanua.co.id – BPJS Kesehatan terus memperkuat sinergi dan kolaborasi bersama para pemangku kepentingan untuk mewujudkan capaian Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Tanah Bumbu. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Agus Supratman menjelaskan BPJS Kesehatan dukungan dari para pemangku kepentingan sangat penting dalam menyelaraskan tujuan bersama dalam memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu.

 

“Pemerintah Pusat hingga Daerah menjadi komponen penting dalam menyukseskan pelaksanaan Program JKN. Mereka memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas layanan serta mendorong cakupan kepesertaan demi menjamin masyarakat keseluruhan. Melalui forum ini kami sampaikan setiap perkembangan Program JKN di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” ujar Agus.

 

Agus menambahkan, kolaborasi dengan para pemangku kepentingan sangat penting dilakukan untuk membawa kemajuan yang berarti bagi pelayanan untuk peserta JKN. Dirinya berharap, dengan dialksanakannya pertemuan tersebut bisa meningkatkan dukungan pemangku kepentingan di Kabupaten Tanah Bumbu demi tercapainya cakupan kesehatan semesta.

 

“Validitas data di Kabupaten Tanah Bumbu sudah cukup bagus dalam upayanya mendaftarkan masyarakatnya ke Program JKN. Namun untuk proses lebih lanjut dibutuhkan peran serta seluruh stakeholder dalam hal validitas data masyarakat sehingga Kabupaten Tanah Bumbu dapat memaksimalkan upayanya menjamin masyakarat dalam Program JKN,” tambah Agus.

 

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesehatan Rakyat Kabupaten Tanah Bumbu, Andi Aminuddin mengapresiasi terhadap langkah yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan melakukan pendekatan kepada setiap stakeholder terkait.

 

“Kami sangat aware terhadap kesejahteraan masyarakat kami. Melalui dinas sosial, kami rutin menyeleksi masyarakat yang sangat memerlukan bantuan darurat sehari-hari. Dari sana kami juga menemukan bahwa mereka masih banyak yang belum memiliki jaminan kesehatan. Melalui pertemuan ini kami berharap dapat menemukan solusi sehingga masyarakat Tanah Bumbu khususnya yang kesulitan ekonomi bisa terjamin oleh Program JKN,” ucap Andi.

 

Lebih lanjut, Andi menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu siap memberikan dukungan untuk suksesnya Program JKN.

 

“Banyak informasi baru yang kami dapaatkan dan pelajari dari acara hari ini. Intinya pemerintah mendukung penuh apa saja yang terkait dengan suksesnya program ini. Tinggal bagaimana kita sama-sama mengelola agar pelaksanaan di lapangan bisa terus berjalan. Yang baik kita tingkatkan, yang kurang kita perbaiki. Yang seperti ini harus kita tingkatkan agar capaiannya bisa lebih banyak lagi demi kesejahteraan warga Tanah Bumbu,” kata Andi. (YG/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *