Banjarmasin, infobanua.co.id – Sejak diselenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh BPJS Kesehatan, program tersebut telah menjadi salah satu kebutuhan dasar dan menjadi bagian paling penting bagi masyarakat Indonesia. Nor Azizatunnisa (28) salah satu peserta JKN yang mengakui begitu besar manfaat dari program ini.

 

“Saya sangat menyadari pentingnya memiliki jaminan kesehatan dalam hidup ini. Beruntung saya telah terdaftar sebagai peserta JKN dari suami saya yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tentu saja saya bisa bilang merasa beruntung karena saya sudah mengalami sendiri berobat di rumah sakit tanpa harus mengeluarkan biaya, karena sudah dijamin oleh program ini,” ucap Aziza.

 

Aziza membagikan pengalamannya menggunakan Program JKN untuk melahirkan buah hatinya yang dilakukan baru-baru ini. Dirinya mengaku merasa aman saat hendak melahirkan karena dirinya memiliki Program JKN.

 

“Baru saja saya kembali menggunakan kesaktian dari Program JKN untuk keperluan saya melahirkan. Jujur saya merasa aman saat hendak melahirkan karena sudah menjadi Peserta JKN. Tidak perlu memikirkan biaya yang akan timbul, saya hanya perlu fokus melewati proses persalinan untuk menyambut buah hati saya,” tambah Aziza.

 

Aziza mengaku bahwa dirinya sudah sering memanfaatkan Program JKN untuk keperluan berobat. Tidak hanya di rumah sakit, dirinya juga sering berobat ringan ke Puskesmas tempat dirinya terdaftar. Dengan terdaftarnya dirinya menjadi peserta JKN membuat dirinya ringan untuk melangkah fasilitas kesehatan bila memerlukan pelayanan kesehatan.

 

“Program ini sangatlah mujarab, dahulu orang-orang selalu berpikir berkali-kali untuk berobat dikarenakan biaya yang mahal. Program JKN telah meruntuhkan permasalahan tersebut. Saya bisa mengatakan hal ini karena selain saya sendiri yang telah merasakan manfaatnya, saya juga menjadi saksi hidup bagaimana pentingnya program ini bagi masyarakat. Warga di sekitar saya sudah banyak yang terselamatkan oleh program ini. Mulai dari operasi kanker payudara, rutin cuci darah, operasi mata semua sudah saya saksikan sendiri mereka bisa melewati itu karena adanya Program JKN,” tegas Aziza.

 

Di akhir pertemuannya, Aziza tak lupa menyampaikan dukungan dan harapan terhadap Program JKN yang telah banyak membantu dirinya dan warga sekitarnya dalam memenuhi kesejahteraan dalam hal kesehatan.

 

“Tidak melihat masyarakat yang mampu ataupun kurang mampu, semuanya saya rasa sudah mulai menyadari pentingnya memiliki Program JKN untuk membantu kestabilan finansial mereka. Saya harap Program JKN dapat terus ada agar kami seluruh masyarakat bisa berobat tanpa perlu dipusingkan dengan biaya,” ujar Aziz. (YG/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *