Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
Health  

Sukseskan Program Jampersal, BPJS Kesehatan Perkuat Koordinasi Dengan Faskes

banner 120x600
banner 468x60

Banjarmasin, infobanua.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin berkomitmen penuh untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan akses pelayanan bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas dan Bayi Baru Lahir melalui program Jaminan Persalinan (Jampersal).

 

banner 325x300

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Anindha Yusdhita menjelaskan melalui Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Persalinan (Jampersal), BPJS Kesehatan diberi penugasan khusus terhadap program yang berfokus kepada ibu hamil yang masuk ke dalam kategori fakir miskin dengan surat keterangan dari pejabat daerah yang belum terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

 

“BPJS Kesehatan sangat berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam implementasi Inpres 5 Tahun 2022 ini. BPJS Kesehatan sebagai pihak yang ditunjuk oleh pemerintah akan memastikan eligibilitas pasien pendaftar jampersal sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan serta melakukan verifikasi tagihan program ini. Selanjutnya data masyarakat penerima manfaat Program Jampersal disampaikan kepada pemerintah daerah untuk diverifikasi dan divalidasi sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK),” kata Nindha dalam Sosialisasi yang dilakukan kepada seluruh rumah sakit mitra BPJS Kesehatan wilayah Banjarmasin, Senin (26/12).

 

Nindha menjelaskan bahwa program Jampersal menyasar masyarakat miskin yang belum terdaftar sebagai peserta Program JKN. Penetapan kepesertaan Program Jampersal ditentukan oleh Kementerian Kesehatan yang dapat divalidasi melalui Aplikasi e-Kohort Kementerian Kesehatan yang telah diintegrasikan dengan sistem BPJS Kesehatan.

 

Dirinya mengungkapkan, dukungan yang diberikan BPJS Kesehatan dalam Program Jampersal yaitu pada proses verifikasi terhadap klaim Program Jampersal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

“Walaupun program ini menyasar masyarakat miskin yang belum masuk daftar Penerima Bantuan Iuran Pemerintah, namun benefit persalinan yang dijamin oleh program Jampersal sama dengan yang ada dalam program Jaminan Kesehatan Nasional. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir untuk menjalani program ini,” ujar Nindha.

 

Sementara itu, Direktur RSUD H. Abdul Aziz Marabahan, Aan Widhi Anningrum menyampaikan komitmennya terhadap Program Jampersal yang digagas oleh pemerintah. Pihaknya mengaku untuk menjalankan secara optimal, diperlukan sinergi dan kolaborasi antar seluruh pihak yang berkaitan khususnya dalam hal verifikasi klaim layanan yang akuntabel.

 

“BPJS Kesehatan telah menjelaskan kepada kami hal-hal yang perlu kami lakukan dalam Program Jampersal ini, khususnya pengajuan klaim. Tentunya hal ini termasuk hal yang baru dan sinergi oleh berbagai pihak sangat diperlukan agar program ini bisa terlaksana dengan baik. Kami juga akan berkomitmen untuk mengikuti segala regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah,” tutupnya. (YG/gn).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *