Banjarmasin, infobanua.co.id – Sebagai upaya meningkatkan kualitas pengelolaan informasi dan pengaduan peserta di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin terus memberikan edukasi kepada Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di FKTP. Hal tersebut tengah gencar dilakukan lantaran petugas PIPP di FKTP merupakan salah satu garda terdepan khususnya dalam menerima setiap pengaduan dan keluhan dari pasien.

 

Staf Penanganan Pengaduan Rumah Sakit BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Aris Dewa Handayanto menjelaskan kegiatan sosialisasi dan edukasi ini penting dilakukan secara rutin karena informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sangat cepat mengalami perubahan.

 

“Sosialisasi dan evaluasi terhadap petugas PIPP FKTP harus sering dilakukan mengingat perlunya update informasi serta tata cara penyampaian informasi dan penanganan pengaduan perihal Program JKN. Karena PIPP FKTP akan menghadapi berbagai keluhan dan pengaduan yang berbeda dari setiap pasien sehingga diharapkan tidak salah dalam memberikan informasi nantinya,” jelas Aris di sela-sela kegiatan Sosialisasi kepada Petugas PIPP FKTP, Rabu (28/09).

 

Lebih lanjut, Aris menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu langkah menyukseskan fokus utama BPJS Kesehatan dalam hal kepuasan peserta. Beberapa aspek akan ditingkatkan untuk mengoptimalkan PIPP mulai dari update fitur-fitur yang ada dalam aplikasi Saluran Informasi Penanganan Pengaduan (SIPP), hingga ketertiban pencatatan yang selama ini dinilai belum dilaksanakan dengan baik.

 

“Segala permintaan informasi dan penanganan pengaduan peserta JKN wajib untuk dicatat sehingga dapat diketahui kebutuhan peserta JKN. Selain itu, perlu adanya koordinasi yang baik antara Petugas PIPP BPJS Kesehatan dengan Petugas PIPP FKTP untuk menyelesaikan keluhan dan memberikan informasi yang komprehensif. Dengan begitu pasien yang menyampaikan pengaduan dapat menerima informasi yang mudah dipahami, sehingga pasien puas dan dapat merasakan pelayanan yang nyaman di FKTP tersebut,” tambah Aris.

 

Selaras dengan hal tersebut, salah satu Petuga PIPP FKTP , Luftilah menyambut baik misi BPJS Kesehatan dalam memberikan kepuasan pelayanan terhadap peserta.

 

“Kami berkomitmen untuk selalu meningkatkan pelayanan untuk mencapai kepuasan peserta, tentunya dengan koordinasi yang intens dengan pihak BPJS Kesehatan. Pencatatan dan dokumentasi juga memang sangat perlu dilakukan secara rapi karena dari sana kita dapat melakukan evaluasi sehingga kebutuhan dari peserta JKN dapat diketahui dan kita dapat menindaklanjuti dengan maksimal,” kata Luftilah.

 

Di penghujung kegiatan, Aris menyempatkan untuk menyampaikan kembali mengenai penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai identitas untuk berobat di fasilitas kesehatan. Hal ini untuk memudahkan akses peserta JKN mendapatkan layanan kesehatan, tidak perlu lagi membawa kartu fisik, cukup menggunakan NIK ataupun kartu digital yang ada di Aplikasi Mobile JKN. (YG/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *