Banjarmasin, infobanua.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin bersama anggota Komisi III DPR RI memberikan sosialisasi tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat di Balai Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (30/11). Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang Program JKN kepada seluruh lapisan masyarakat.

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Agus Supratman menjelaskan kegiatan sosialisasi ini memang perlu dilakukan secara rutin kepada seluruh kalangan masyarakat agar mereka memahami betul pentingnya setiap orang menjadi peserta JKN.

 

“Program JKN bertujuan untuk memberikan perlindungan baik bagi diri sendiri, keluarga maupun orang lain di sekitar kita agar bisa mendapatkan kepastian jaminan kesehatan. Dengan sistem gotong royong yang diterapkan di program ini, peserta yang sehat akan membantu yang sakit, yang kurang mampu dibantu oleh yang mampu. Secara tidak langsung iuran yang selalu dibayarkan rutin oleh peserta maka dalam tiap diri orang tertanam rasa kepedulian terhadap sesama,” ucap Agus.

 

Lebih lanjut, Agus menjelaskan dengan menjadi peserta JKN akan memberikan kepastian jaminan kesehatan bagi setiap orang sehingga hal tersebut akan memberikan rasa aman dan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan setiap orang.

 

“Alhamdulillah untuk di Kabupaten Tanah Laut jumlah kepesertaan JKN sudah mencapai di angka 99% dari jumlah penduduk, ini membuktikan pemerintah daerah sangat aware terhadap kesejahteraan penduduknya. Apresiasi kami kepada pemerintah Tanah laut,” kata Agus.

 

Di sisi lain, Anggota Komisi III DPR RI, Heru Widodo menyampaikan kepastian jaminan kesehatan merupakan modal besar bagi setiap daerah agar bisa maju dan berkembang.

 

“Atensi kami terhadap program ini sangat besar, persoalan Program JKN tentu bukan hanya menjadi urusan BPJS Kesehatan saja. Sebisa mungkin kami terus membantu melalui perbaikan regulasi. Saya juga percaya daerah yang maju dan berkembang salah satunya dapat dilihat dari warganya yang kesejahteraannya terpenuhi, salah satunya yakni jaminan kesehatan,” ujar Heru.

 

Heru menyampaikan harapan dan ajakan kepada seluruh masyarakat yang hadir pada kegiatan sosialisasi ini dapat menjadi penyambung untuk memberikan informasi Program JKN kepada seluruh warga sekitar dan kerabat sehingga informasi yang telah disampaikan tidak berhenti pada beberapa masyarakat saja melainkan seluruh masyarakat.

 

“Informasi ini sangat penting karena menyangkut kesejahteraan setiap masyarakat, diharapkan informasi ini benar-benar dapat tersampaikan dan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat terhadap manfaat yang sangat besar pada program ini,” kata Heru. (YG/gn).

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *