Banjarmasin, infobanua.co.id – Sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Yuliana (42) telah merasakan berbagai manfaat yang hadir dalam program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. Saat ditemui oleh Petugas BPJS SATU! atau Siap Mebantu, Yuliana tengah menunggu pelayanan poli saraf di Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin, dirinya tak segan membagikan pengalamannya yang telah merasakan manfaat dari Program JKN

 

“Tentu saja saya sangat merasa beruntung dengan adanya Program JKN. Biaya pelayanan kesehatan pasti sangat mahal dan akan menjadi beban apabila harus bayar sendiri. Dengan adanya program ini kekhawatiran itu tidak perlu saya rasakan dan saya pun bisa selalu berobat dengan tenang. Sekarang pun saya sedang rutin ke rumah sakit akibat sakit pada kaki saya,” ucap Yuliana.

 

Yuliana menambahkan bahwa dua bulan terakhir ini, dirinya tengah rutin menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 1 kali per minggu akibat permasalahan saraf yang terjadi di kakinya. Selama perawatan tersebut dirinya mengaku selalu mengandalkan kartu JKN untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

 

“Awalnya saya merasa ada yang aneh di pinggang saya, namun setelah saya tahan malah menjalar sakitnya ke kaki saya. Akhirnya saya coba cek ke rumah sakit dan benar saja ternyata memang ada tumor di pinggang saya yang menyebabkan komplikasi di saraf bagian lutut kanan saya. Akhirnya saya harus melalui berbagai perawatan dan tentu saja dengan mengandalkan Kartu JKN. Tidak bisa dibayangkan biaya yang harus saya keluarkan bila tidak ada Program JKN,” kata Yuliana.

 

Bukan hanya itu, Yuliana sebelumnya juga telah beberapa kali menerima pelayanan di berbagai rumah sakit dengan menggunakan JKN, salah satunya yakni berobat di poli mata rumah sakit. Yuliana mengaku selama menerima pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan dirinya selalu mendapatkan pelayanan yang sangat baik.

 

“Saya juga sempat berobat karena ada keluhan di mata saya, waktu itu saya lakukan di salah satu rumah sakit yang ada di Bandung dan juga Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Dari sini saya merasakan betul dimanapun saya berobat dengan JKN saya selalu mendapatkan pelayanan yang baik. Walapun tidak perlu membayar biaya rumah sakit karena sudah dijamin oleh JKN, saya tetap mendapatkan pelayanan yang maksimal, sungguh program yang sangat bermanfaat,” kata Yuliana. (YG/gn)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *