Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy
JABAR  

Disdikpora Kabupaten Cianjur Rekomendasikan Semua SMP Laksanakan Kurikulum Merdeka

banner 120x600
banner 468x60

Cianjur, infobanua.co.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur mengungkapkan untuk tahun 2023 akan mulai melaksanakan implementasi kurikulum merdeka yang dimulai dari tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur, Helmi Halimudin mengatakan, pihaknya akan melaksanakan implementasi kurikulum merdeka.Kurikulum Merdeka sendiri baru di ikuti oleh sekolah SMP yang masuk Program Sekolah Penggerak (PSP) yang sudah di nilai Kementerian.

banner 325x300

“Untuk mengikuti kurikulum merdeka ini, para kepala sekolah ikut testing dulu, ketika lolos maka akan dapat bantuan untuk melaksanakan Kurikulum tersebut,seperti bantuan untuk pembelian buku dan lainnya,dan dananya pun akan otomatis masuk ke rekening sekolah masing -masing,”kata Helmi saat di temui dikantornya,Senin (02/01/2023).

Helmi menerangkan Program Sekolah Penggerak (PSP) di Kabupaten Cianjur sudah ada dua angkatan dan jumlahnya sudah ada sekitar 21 sekolah SMP yang sudah menerima Kurikulum Merdeka saat ini.

” Tahun ini ada suatu kebijakan sekolah yang tidak masuk PSP boleh melaksanakan Kurikulum Merdeka secara mandiri artinya dia membiayai sendiri, dan ditahun 2023 ini juga akan ada pendaftaran lagi untuk pelaksanaan kurikulum merdeka secara mandiri,” ucap Helmi.

Untuk itu lanjut Helmi pihaknya akan merekomendasikan semua tingkatan SMP supaya ikut melaksanakan Kurikulum Merdeka.

“Kenapa saya mau semuanya harus ikut walaupun disunatkan karena ini tidak diwajibkan sekarang tapi itu nanti tahun 2024 itu akan semuanya melaksanakan kurikulum merdeka tersebut,.Dari pada menunggu nanti 2024 lebih baik dari sekarang sambil belajar sehingga pada 2024 itu sekolah siap semua,”tuturnya.

Helmi menjelaskan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum tigabelas (Kurtilas) yang saat ini masih ada dilaksanakan sekolah jelas berbeda.

“Saat ini sekolah masih ada yang melaksanakan kurtilas yang mana guru masih membimbing siswa, nah di kurikulum Merdeka berpusat pada anak jadi si anak yang mencari dan guru tidak mendominasi lagi,” jelasnya.

Helmi menambahkan mudah-mudahan di 2023 ini, ada pendaftaran Kurikulum Merdeka.Dan pihaknya menganjurkan semua SMP supaya ikut daftar kurikulum merdeka.

“Karena mau gak mau 2024 wajib kurikulum Merdeka. jadi intinya kalau ada regulasi dari pemerintah coba diikuti jangan menunggu nanti, tapi sekarang,” Pungkasnya.

Untuk diketahui dikutip dari laman kemendiknas. Dalam dunia pendidikan, kurikulum menjadi hal yang sangat penting. Tanpa kurikulum yang tepat, para pelajar tak akan memperoleh target pembelajaran yang sesuai. Tentu saja, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di eranya masing-masing.

Pada Februari 2022 lalu, Kemendikbudristek resmi luncurkan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Para pelajar dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai passion yang dimilikinya.

Secara umum, kurikulum merdeka merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik mempunyai waktu yang cukup untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Nantinya, guru memiliki kekuasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Kurikulum ini untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Yang mana proyek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Tujuan Kurikulum Merdeka

Ada beberapa tujuan kurikulum merdeka yang penting diketahui para pengajar maupun guru, antara lain:

Menciptakan Pendidikan yang Menyenangkan

Tujuan kurikulum merdeka yang pertama, yaitu menciptakan pendidikan yang menyenangkan bagi peserta didik dan guru. Kurikulum ini menekankan pendidikan Indonesia pada pengembangan aspek keterampilan dan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.

Mengejar Ketertinggalan Pembelajaran

Salah satu tujuan kurikulum merdeka adalah mengejar ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Kurikulum ini dibuat dengan tujuan agar pendidikan di Indonesia bisa seperti di negara maju, yang mana siswa diberi kebebasan dalam memilih apa yang diminatinya dalam pembelajaran.

Mengembangkan Potensi Peserta Didik

Tujuan kurikulum merdeka selanjutnya, yaitu mengembangkan potensi peserta didik. Kurikulum ini dibuat sederhana dan fleksibel sehingga pembelajaran akan lebih mendalam. Selain itu, kurikulum merdeka juga berfokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya.

Dengan adanya kurikulum merdeka, diharapkan mampu mengembangkan kompetensi para peserta didik. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri, di mana kurikulum ini lebih menekankan pada kebebasan peserta didik. Kurikulum ini juga memudahkan para guru dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik.

Hasbi (Abi)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *