Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy

Fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang Segera Diresmikan Wali Kota Banjarbaru

banner 120x600
banner 468x60

Banjarbaru, infobanua.co.id – Pembangunan fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kota Banjarbaru telah memasuki tahap akhir, lahirnya ikon baru di Ibu Kota Kalimantan Selatan itu rencananya diresmikan pada Kamis (5/1/2023) malam mendatang.

Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, diagendakan secara langsung berhadir dan meresmikan fasilitas JPO yang berlokasi di Jalan A. Yani Km 34.

banner 325x300

Momentum bersejarah itu juga akan turut menampilkan kemerlap lampu JPO serta seni keindahannya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Adi Maulana, mengkonfirmasi kabar tersebut. Ia mengungkapkan bahwa dalam rangkaian acara peresmian juga akan dilakukan peninjauan fasilitas JPO.

“Insya Allah, bapak Wali Kota Banjarbaru akan meresmikan secara langsung. Rencananya beliau juga sekaligus meninjau ke atas. Semoga agenda acara nanti berjalan lancar,” katanya, Selasa (3/1/2023).

Adi menuturkan bahwa fasilitas JPO sudah dapat digunakan masyaramat umum seusai acara peresmian nanti.

Tentunya ia berharap infrastruktur ikonik itu ke depannya dapat dijaga masyarakat, khususnya warga Banjarbaru.

“JPO ini sudah dilengkapi dengan peralatan yang modern. Sebagaimana harapan bapak Wali Kota, semoga JPO ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dijaga dengan baik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dinas PUPR telah mengkaji dan meminta petunjuk teknis (Juknis) dari Balai Jalan Nasional terkait faktor keselamatan masyarakat.

“Kita perlu memberikan jaminan keselamatan bagi maysarakat saat fasilitas mulai dioperasionalkan. Oleh karena itu kita banyak komunikasi dengan pihak terkait,” tutur Adi.

Untuk diketahui, pembangunan fasilitas JPO dicanangkan Wali Kota Banjarbaru yang berangkat dari orientasi fungsi jangka panjang.

Orang nomor 1 di Kota Banjarbaru ini ingin akses penyeberangan yang aman bagi pejalan kaki perlu disiasati secepat mungkin, yang mana kondisi lalu lintas di ibu kota Kalsel ini semakin padat tiap waktunya.

Dalam beberapa waktu terakhir, Aditya telah melakukan komunikasi dengan Kementrian Perhubungan RI dan pihak terkait untuk mewujudkan fasilitas JPO pertama di Banjarbaru.

Hingga pada awal tahun 2022, rencana tersebut akhirnya mendapatkan lampu hijau dari pemerintah pusat.

Diinformasikan, Dinas PUPR Kota Banjarbaru sebagai leading sektor pembangunan infrastruktur memulai pembangunan JPO sejak pertengahan tahun 2022 lalu.

Yus/IB

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *