Categories: Penajam Paser Utara

Gelar Rekonstruksi Bagi Pelaku Usaha Perkebunan di PPU, Kepala DPMPTSP : Pemerintah Berikan Kepastian Hukum

PENAJAM, infobanua.co.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan rekonstruksi atas Izin Usaha Perkebunan (IUP) dalam komoditi perkebunan kelapa sawit.

Orang nomor satu di Benuo Taka itu, Ir. H. Hamdam Pongrewa sangat mengapresiasi dinas terkait melakukan rekonstruksi terhadap sektor perkebunan kelapa sawit.

Dalam kesempatan itu, Bupati yang baru saja dilantik itu hadir sekaligus menyerahkan secara langsung Surat Keputusan (SK) Izin Usaha Perkebunan (IUP) kepada perwakilan pelaku usaha perkebunan PT. Sukses Tani Nusa Subur, yang digelar di ruang rapat bupati PPU Kamis, (5/1/2023).

Dikatakannya, Hal ini bertujuan untuk mendorong akuntabilitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Sehingga terlaksana sebagaimana yang diarahkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka Kebijakan Satu Peta Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS PK).

 

” Kebijakan satu peta merupakan salah satu aksi pencegahan korupsi yang diamanahkan oleh Presiden Ir. Joko Widodo untuk mendorong dalam STRANAS PK sejak tahun 2019 lalu,” ungkap Hamdam.

Hamdam Berharap dengan telah dilaksanakannya rekonstruksi IUP ini, dapat mendorong akuntabilitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten PPU berjalan dengan baik.

” Harapan kita setelah dilaksanakannya rekonstruksi IUP ini akuntabilitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten PPU akan semakin terdorong, ” terangnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala DPMPTSP Kabupaten PPU Alimuddin menyampaikan, bahwa kegiatan ini juga untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dan kepada perusahan bahwa IUP yang telah di keluarkan sudah sesuai dengan, Hak Guna Usaha (HGU) dan realisasi tanam yang pada masing-masing lokasi kebun yang ada di kabupaten PPU.

“Kepastian hukum yang dimaksud adalah kepastian hukum dalam rangka pemanfaatan ruang sehingga kedepannya ini betul-betul sudah tervalidasi dan terlaksana,” tandas Alimuddin.

Dalam kegiatan itu juga beberapa perwakilan perusahaan di wilayah PPU turut hadir, diantaranya pelaku usaha PT. Sukses Tani Nusa Subur, PT. Waru Kaltim Plantation, PT. Kebun Mandiri Sejahtera, PT. Agro Indomas, PT. Alam Permai Makmur Raya, PT. Mega Hijau Bersama, PT. Palma Asia Lestari Mandiri, PT. Sagita Agro Kencana dan beberapa kepala dinas terkait.

Reporter : Syahid Rahman
Editor : Ibrahim

admin

Recent Posts

Siap Berlaga di Kabupaten Tapin, Khafilah Kontingen Kabupaten Kotabaru di Lepas

KOTABARU, infobanua.co.id - Dalam mewakili Bupati Kotabaru Staf Ahli Bidang Pemerintahan H. Zainal Arifin,S.STP,M.Si melepas…

9 jam ago

DKUMPP Banjar Gelar Kajian Awal RPIK 2025-2045

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro,Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) menggelar…

10 jam ago

Pemkab Banjar Bentuk Tim Pelaksana Pemberangkatan dan Pemulangan CJH

Martapura, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Sekretariat Daerah (Setda) Bagian Kesra menggelar Rapat Pemantapan…

10 jam ago

PPPK Formasi 2023 Sudah Terima SK Bupati Tanbu

BATULICIN, infobanua.co.id - Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), dr. HM Zairullah Azhar, resmi melantik dan menyerahkan…

12 jam ago

Belasan Kecamatan Ramaikan Lomba Masak Panginan Sukup Simpan

Sampit, infobanua.co.id - Belasan peserta yang berasal dari PKK Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur meramaikan…

14 jam ago

Penanganan Narkoba Jadi Masalah Serius Pemkab Kotim

Kotawaringin, infobanua.co.id - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan jika masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap…

14 jam ago