Media Terverifikasi Dewan Pers
RedaksiPrivacy Policy

Pengurus Daerah Kagama Kaltim Kenalkan Ecoprint Kepada Masyarakat PPU

banner 120x600
banner 468x60

PENAJAM, infobanua.co.id Pengurus Daerah Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Kalimantan Timur (Kaltim) memperkenalkan teknik membatik dengan cara ramah lingkungan, kepada Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Ketua Pengurus Daerah Kaltim Kagama Lalu Fauzul Idhi menjelaskan, metode ecoprint merupakan suatu jenis atau satu cara memanfaatkan selembar kain putih dengan ukuran tertentu yang memiliki nilai ekonomi. Dengan memanfaatkan pewarna natural dari alam seperti dedaunan.

banner 325x300

Dikatakannya, metode ini pada serupa dengan teknik membatik pada umumnya, ketika penggiat kain melakukan jumputan, pesirangan, tenun dan sebagainya.

” Tenun putih diolah dengan metode ecoprint, sehingga hasilnya terlihat natural dari kain putih dengan motif unsur tanaman, pewarnanya juga dari tanaman jadi hasilnya lebih ramah lingkungan,” terangnya.

Dengan tujuan tersebut, jajaran pengurus daerah Kagama wilayah Kaltim ini mencoba memperkenalkan kepada masyarakat Benuo Taka, melalui kerjasama antara Kagama dengan Pemerintah Daerah.

” Kita buat kerjasama untuk melatih masyarakat PPU mengenal dan membuat karya dengan hasil produk – produk ecoprint ini,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, alasannya memilih Kabupaten Penajam Paser Utara dalam berkerjasama ialah melihat sebagian daerah ini akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Momentum ini menjadi peluang bagi masyarakat PPU untuk mengembangkan potensi dalam seni membatik dengan metode ramah lingkungan tersebut.

” Tujuannya adalah mengangkat taraf ekonomi masyarakat PPU dalam khususnya SDM agar setara dengan IKN, menyiapkan antisipasi pembangunan terdahulu,” bebernya.

Adapun mekanisme kerjasama dengan pemerintah daerah, kata Lalu pemerintah daerah agar menyiapkan sarana dan prasarana pelatihan, hingga kepada sumber dana.

” Nanti Kagama akan menyiapkan personalnya, SDM pengajarnya. Ini merupakan bentuk kerjasama kami bersama Pemda PPU,” ucap Lalu kepada media ini.

Ia menambahkan, dari beberapa kerjasama yang dilakukan Pengurus Daerah Kagama diberbagai wilayah yang ada di Indonesia, tentunya Pemerintah Daerah PPU sangat mendukung.

” Melihat hasil yang di Kabupaten, Kukar, Wonogiri, Jeneponto, dan Pasuruan pemerintah sangat responsif hal ini mengingat sebagian wilayah PPU dalam persiapan pembangunan IKN Nusantara,” pungkasnya.

Reporter : Syahid Rahman
Editor : Ibrahim

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *