Cianjur, infobanua.co.id – Dalam suasana kebatinan masyarakat kabupaten cianjur yang terkena dampak gempa bumi tentunya sampai hari ini masih menyimpan luka yang mendalam baik secara jasmani maupun secara rohani, hal ini tentunya tidak boleh di biarkan berlarut-larut.

Ketua DPC 234 SC Kabupaten Cianjur,Soni Farhan mengatakan Para korban gempa bumi tentunya sangat menginginkan peran pemerintah kabupaten cianjur bertindak cepat menangani persoalan-persoalan yang terjadi seperti hal nya bantuan untuk para korban dengan tidak banyak nya prosedur atau birokrasi sehingga memperlambat bantuan yang seharusnya para korban gempa bumi menerima dengan cepat.

“Setelah kami lakukan advokasi kepada para korban gempa bumi,sampai saat ini masih ada para korban gempa bumi yang mengeluh dan masih kebingungan dalam proses penerima bantuan dari pemerintah bahkan sampai saat ini masih ada yang belum menerima bantuan tersebut.,”ucap Soni saat ditemui,Jum’at (06/01/2023).

Soni menerangkan Hal tersebut di akibatkan karena terlalu banyak prosedur atau birokrasi dari pemerintah kabupaten cianjur yang mengakibatkan keterlambatan bantaun kepada para korban.

“Pemerintah seharusnya merampingkan prosedur atau birokrasi bantuan untuk para korban gempa bumi tersebut karena sudah seharusnya dan sepatutnya pemerintah hadir menjadi garda terdepan untuk melayani masyarakat dengan cepat tanpa berbelit-belit untuk para korban yang terkena dampak bencana gempa bumi sehingga para korban menerima hak nya atau bantuan tersebut dengan cepat,”terang Soni.

Sejauh ini lanjutnya pihaknya sangat yakin bahwa masyarakat yang terkena dampak gempa bumi tidak banyak yang di butuhkan mereka hanya menginginkan hak nya mereka dalam bentuk bantuan dana dari pemerintah kabupaten cianjur di cairkan dengan cepat tanpa banyaknya prosedur atau birokrasi sehingga para korban bisa kembali membangun atau meperbaiki rumah nya baik yang rusak parah, sedang, maupun ringan. Sehingga para korban gempa bumi bisa kembali lagi menempati rumah mereka dan bisa berkumpul kembali dengan keluarganya yang masih ada.

“Kami keluarga besar 234 SC DPC Kabupaten Cianjur secara mandiri juga sudah melakukan hal-hal terbaik yang bisa kami lakukan untuk membantu para korban sepertinya hal nya membersihkan puing-puing reruntuhan rumah para korban, membagikan sembako-sembako,
membuat mushola dan lain-lainnya. Hal ini tentunya kami lakukan atas kesadaran kami sendiri karena pada hakekatnya kita sesama manusia harus saling tolong-menolong dalam hal kebaikan,”tutur Soni.

“Untuk itu kami keluarga besar 234 SC DPC Kabupaten Cianjur sebagai control sosial mengingatkan kepada pemerintah kabupaten cianjur untuk berhati hati dalam mengelola bantuan baik bantuan yang sifatnya dari eksekutif maupun swasta,”pungkasnya.

Hasbi (Abi)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *