Categories: KALTENG

Sambut Hari Jadi Kotim ke-70, Wagub Minta Persatuan dan Kesatuan Dijaga

SAMPIT – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), pemerintah daerah setempat menggelar upacara di halaman Kantor Bupati Kotim, Sabtu (7/01/2023).

 

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo didapuk sebagai Inspektur Upacara yang memimpin pelaksanaan kegiatan.

 

“Pertama-tama atas nama Pemprov Kalteng, saya dan gubernur mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Kotim. Semoga diusia yang semakin dewasa ini Kotim semakin berbenah dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” ucap Edy mengawali sambutannya.

 

Dalam kesempatan itu Edy Pratowo berpesan, kepada masyarakat dan Pemkab Kotim agar momentum hari jadi kabupaten ini tak hanya diperingati secara meriah saja.

 

Tapi harus benar-benar diresapi makna yang terkandung, sehingga selaras dengan tema yang diusung, yakni semangat persatuan dan gotong royong membangun Kotim Harati.

 

Ia juga berpesan untuk menjadikan hari bersejarah bagi Kotim ini untuk menumbuhkan rasa optimisme, memperkuat semangat persatuan dan kebersamaan agar mampu pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat pasca pandemi Covid-19.

 

“Mari kita memacu pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kotim khususnya dan Kalteng pada umumnya,” ajaknya.

 

Tak lupa Edy menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada jajaran Pemkab Kotim atas prestasi dan capaian pembangunan yang dinilai sudah cukup baik, sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

 

Sementara untuk capaian yang masih kurang agar terus di evalusi dan dibenahi sehingga program pembangunan betul-betul dirasakan masyarakat.

 

Ucapan penghargaan juga diberikan pada mantan bupati dan wakil bupati (wabup), tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, dan elemen masyarakat yang turut berperan membangun Kabupaten Kotim agar semakin maju dan sejahtera.

 

Adapun, upacara yang dilaksanakan pada hari itu berlangsung cukup khidmat dan terkesan meriah.

 

Dengan dihadiri perwakilan dari setiap perangkat daerah (PD) dan instansi vertikal maupun swasta, serta undangan dari Provinsi diantaranya SekdaKalteng Nuryakin dan perwakilan dari kabupaten/kota di Kalteng.

 

Jajaran Pemkab Kotim, baik Bupati, Wakil Bupati, Kepala Dinas/Badan, Camat, jajaran DPRD, dan instansi vertikal turut hadir dengan balutan busana tradisional dan berbagai penjuru Indonesia.

 

Seperti pakaian yang dikenakan Bupati Kotim, H Halikinnor berupa pakai adat dayak pesisir, sedangkan Wabup Kotim Irawati mengenakan pakaian adat Dayak Ngaju lengkap dengan ikat kepala dihiasi bulu Burung Enggang.

 

Selain upacara, ritual peringatan HUT ke-70 Kotim dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Kotim.

 

Senada dengan Wagub Kalteng, pada peringatan HUT ke-70 Kotim ini Halikinnor mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama, berkolaborasi dan bersinergi membangun Kotim seperti moto yang diusung, yakni Habaring Hurung yang bermakna gotong royong.

 

“Apa yang sudah dibangun ini mari kita pelihara. Karena uang yang gunakan membangun itu adalah uang dari rakyat, maka dari itu mari kita jaga dan tingkatkan untuk kedepannya nanti,” pungkasnya.

Rel/nal

infobanua

Recent Posts

Pemko Banjarbaru Berkomitmen Hadapi PILKADA Tahun 2024 dengan Matang

Banjarbaru, infobanua.co.id – Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Kota Banjarbaru tahun 2024, Pemerintah Kota Banjarbaru…

3 jam ago

25 Anggota PPK Kota Banjarbaru Dilantik, Wali Kota Tekankan Pentingnya Integritas

Banjarbaru, infobanua.co.id - Suasana haru dan harapan menyelimuti Namira Paradise Garden Banjarbaru pada Kamis malam…

3 jam ago

Pasukan Brigade Damkar Dari SKPD Dilatih Penanganan Kebakaran Ringan

BATULICIN, infobanua.co.id – lingkup Satuan Perangkat Kerja Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (SKPD Kab.Tanbu ) dilatih…

5 jam ago

Lancar Berkomunikasi di Tanah Suci XL Axiata Luncurkan Kartu Perdana Khusus Haji Rp 345 Ribu Kuota 20GB

Kartu perdana XL Haji tersedia  mulai Rp 345 ribu/45 hari dengan kuota 20GB. XL Axiata…

6 jam ago

Datangi Langsung Kawasan Sentra Illegal Drilling di Babat Toman Musi Banyuasin, Kapolda Sumsel : Komitmen Barsama Pangdam, Regulasinya Tetap Kita Tindak Tegas.

PALEMBANG, infobanua.co.id – Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo, langsung mendatangi salah satu kawasan…

6 jam ago

Para Wartawan Blitar Gerudug Kantor DPRD Kota Blitar

Blitar, infobanua.co.id – Para Wartawan Blitar, menggerudug Kantor DPRD Kota Blitar, jalan Achmad Yani 13…

6 jam ago