Rantau, infobanua.co.id – Masih dalam penanganan pengendalian inflasi, Bupati Tapin HM Arifin Arpan diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Errani Martin mengikuti zoom meeting bersama Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia bertempat Aula Tamasa Kantor Bupati Tapin, Senin (9/1/2023)

Turut serta mendampingi Kepala Badan Keuangan Aset Daerah Dr Supiansyah, Plt Dinas Pertanian Aji Budiono, Kepala Dinas Sosial Samsi, Kepala Dinas PUPR Yustan Azidin, Sekretaris Dinas Perdagangan MZ Walaidi Rahmat.

Zoom meeting dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Jendral Pol Purn Tito Karnavian didampingi Dirjen Perdagangan, Kementrian Pertanian dan Perkebunan dengan bahasan terkait ketahanan pangan.

Usai mengikuti zoom meeting, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Errani martin mengatakan, zoom meeting bersama.

Kementrian Dalam Negeri dalam rangka mengetahui inflasi di daerah di seluruh Kabupaten Kota Se Indonesia, bagaimana kesiapan menghadapi inflasi di daerah saat ini dan mengatasinya.

“Zoom meeting bersama Kementrian Dalam Negeri terkait pengendalian inflasi di Indonesia, termasuk Kabupatenn Tapin Prov Kalimantan Selatan yang sudah terjadwal,” jelasnya.

Dengan mengikuti zoom ini daerah dapat mebgetahui daerah terdampak inflasi dan mengatasi terjadinya inflasi paska kenaikan harga BBM.

Menurutnya, dampak berpengaruh terjadinya inflasi di Kabupaten hanya ada di sektor terkait yakni ketersediaan pangan berupa beras untuk saat ini yang paling menonjol, karena harga beras mengalami kenaikan, tentunya ini berdampak pada inflasi daerah.

“Tetapi kenaikan harga beras ini insha allah tidak akan berlangsung lama, karena pada bulan ketiga atau maret mendatang sudah ada panen padi, tentunya ini ketersedian

beras mencukupi, sehingga inflasi dapat dikendalikan,” ujarnya.

Untuk inflasi di Provinsi Kalsel saat ini berada di angka 5,51 persen ada beberapa kabupaten di Kalsel yang meningkat.

“Kabupaten Tapin masih terkendali inflasi dan tidak begitu berpengaruh, hanya pangan berupa beras mengalami kenaikan harga,” katanya.

Harapannya kedepan Pemerintah Kab Tapin terus berkontribusi dalam pengendalian inflasi secara terus menerus baik di tingkat pusat, provinsi dan Kabupaten Tapin sendiri.

Fad/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *