Nunukan, infobanua.co.id –  Program Prioritas Pemkab Nunukan, Bupati Laura Launching Program SOA Penumpang Udara Pedalaman dan Perbatasan Tahun 2023

Nunukan Kalimantan utara pemerintah daerah kabupaten Nunukan melalui Bupati Nunukan didampingi  Kepala Bagian Ekonomi sekertariat daerah kabupaten nunukn .

Pengguntingan Pita oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid di pintu masuk pesawat yang terparkir di appron 31 Bandara Nunukan menandai diluncurkannya Program Penerbangan Subsidi Ongkos Angkut (SOA) Penumpang Udara Pedalaman dan PerbatasanTahun Anggaran Tahun 2023 di Kabupaten Nunukan, pada Senin tanggal  09/01/2023.

Turut hadir menyaksikan Launching tersebut Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, Sekretaris Daerah Serfianus, unsur Forkopimda, Asisten di lingkungan Setda Nunukan, kepala Perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten  Nunukan, serta manajemen dari PT. Smart Cakrawala Aviation.

Sebagai mitra pemerintahkabupaten Nunukan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Laura menyampaikan bahwa SOA Penumpang ini adalah salah satu bentuk program dari pemerintah daerah dalam rangka memberikan kemudahan, pelayanan, dan keringanan biaya bagi masyarakat kita yang ada di wilayah pedalaman.

“Program ini rutin setiap tahun kita adakan untuk membantu masyarakat kita, dan alhamdulliah selama ini berjalan dengan lancar”, ujar Bupati Laura.

Menurut Bupati, program yang diluncurkan oleh pemkab Nunukan ini juga berdampingan dengan program yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk memenuhi masyarakat selama 1 tahun.

“ Insya Allah (program ini akan berlanjut tiap tahun), karena memang ini kebutuhan masyarakat yang prioritas”, Bupati menjelaskan pertanyaan awak media tentang penerbangan diperbatasan  dan anggaran 9ngkis subsidi oleh pemerintah kabupaten  nunukan.

Terkait dengan rute baru dalam program SOA tahun 2023 ini (Rute Nunukan – Tau Lumbis), Bupati Laura menyampaikan hal ini adalah aspirasi dari masyarakat dan Bupati berharap dapat berjalan dengan lancar.

“Ini adalah aspirasi dari masyarakat, dan kita lihat perkembangannya ya, kalau lancar dan penuh penuh terus maka akan berlanjut terus. Ini adalah langkah awal kita, nanti kita sambil melihat perkembangannya”, ujar Hj.Asmin Laura Hafid.

Sementara dari Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber daya Alam Setda Nunukan Rohadiansyah mengatakan bahwa pada kegiatan subsidi ongkos angkut tahun 2023 ini pemerintah daerah kabupaten Nunukan membuka dua rute penerbangan yaitu Nunukan – Long Bawan Pulang Pergi (PP) dan Nunukan – Tau Lumbis Pulang Pergi  (PP).

Lanjud Rohadihansyah menjelaskan, untuk rute penerbangan SOA Nunukan – Long Bawan selama tahun 2023 Pulang Pergi (PP) ini sebanyak 416 Flight dengan rincian Nunukan – Long Bawan sebanyak 208 Flight dan Long Bawan Nunukan sebanyak 208 Flight.

“Dan untuk rute Nunukan – Tau Lumbis, penerbangan SOA Tahun 2023 ini sebanyak 104 Flight yang terdiri dari Nunukan – Tau Lumbis 52 Flight dan Tau Lumbis – Nunukan sebanyak 52 Flight juga”, tambah Rohadiansyah.

Terkait pelaksanaan dan anggarannya, Rohadiansyah menyampaikan bahwa program SOA Penunpang Tahun 2023 dari Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan ini dilaksanakan oleh PT. Smart Cakrawala Aviation dengan anggaran sebesar Rp. 7.364.054.284,19.

“Kita berharap masyarakat manfaatkan yang ada ini, jangan sampai kosong, pemerintah ini tujuannya supaya terjangkau untuk bisa bernagkat dengan pembiayaan yang murah. Mudah mudahkan ini bisa dimanfaatkan”, ujar Rohadi.   Mantan sekertaris Bappeda Kabupaten Nunukan.

(Yuspal)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *