infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI TENGAH Lestarikan Seni Wayang Kulit, Bupati HST Raih Penghargaan dari Sena Wangi

Lestarikan Seni Wayang Kulit, Bupati HST Raih Penghargaan dari Sena Wangi

BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H. Aulia Oktafiandi raih penghargaan Sena Wangi. Karena dinilai memiliki komitmen melestarikan wayang kulit Banjar. Penghargaan diberikan langsung Ketua Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi), Sumari bertempat di Auditorium Kantor Bupati HST, Senin (9/1/2-23) malam.

Bupati HST, H. Aulia mengatakan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah selalu berkomitmen mendukung upaya pengembangan seni wayang kulit Banjar sebagai kesenian daerah. “Wayang ini merupakan literasi budaya kultural yang harus dilestarikan agar generasi muda dapat mengambil contoh dan teladan yang baik dari kesenian tersebut,” ucapnya.

Bupati Aulia mengatakan, untuk pelestarian wayang ini pada dasarnya diperlukan peningkatan SDM baik secara kualitas maupun kuantitas. “Semua diperlukan agar lebih efektif mengajarkan wayang di komunitas-komunitas dan lembaga pendidikan, tidak hanya di kalangan keluarga pewayangan tapi juga bagi masyarakat umum,” bebernya.

Aulia juga menyampaikan terima kasih atas anugerah penghargaan budaya dari Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi). “Semoga penghargaan ini dapat meningkatkan motivasi kita semua melestarikan seni budaya di HST khususnya wayang kulit Banjar,” tutupnya.

Rls/hms

Bagikan:

Iklan