Kandangan, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu sungai Selatan (HSS) membangunkan Gedung Lumbung Pangan Masyarakat dan Sarana Pendukungnya, untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Papadaan, Desa Wasah Tengah, Kecamatan Simpur.

Bupati HSS Achmad Fikry meresmikan bangunan tersebut, Selasa (10/1/2023) pagi, didampingi Sekretaris Daerah Muhammad Noor, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Akhmad Mawardi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS Akhmad Mawardi menjelaskan, lumbung pangan tersebut untuk sarana prasarana pasca panen, serta menjaga harga gabah yang layak guna mengantisipasi anjloknya harga jual.

“Lumbung pangan masyarakat dilengkapi lantai jemur, gedung pengering dan pengilingan serta gudang penyimpanan,” ungkapnya.

Pembangunan lumbung pangan masyarakat tersebut, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) bidang pertanian tahun anggaran 2022.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, dibangunkannya lumbung pangan tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat, terutama terhadap para petani yang tergabung dalam Gapoktan Papadaan.

Bupati berpesan, fasilitas di lumbung pangan yang baru diresmikan tersebut untuk bisa dimanfaatkan, dipelihara, serta dirawat dengan sebaik-baiknya.

“Bangunan yang diserahkan oleh pemerintah ini agar sekiranya dijaga, dirawat, serta dipelihara dengan sebaik-baiknya, jangan sampai sebentar dipakai sudah rusak,” imbau Bupati.

Achmad Fikry menyarankan, lumbung pangan yang digunakan untuk penggilingan padi tersebut, segala tarif dan ketentuan lainnya hendaknya dibicarakan dengan anggota.

Dil/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *