BONE, infobanua.co.id – KruTim Survei Akreditasi Dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI) mengunjungi  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Bone Rabu (12/1/2023)

Tujuannya adalah untuk melihat sampai dimana RSUD Tenriawaru mampu menerapkan standarisasi
yang ditarget sebagai rumah sakit rujukan wilayah timur.

Ketua Tim Survei Akreditasi Dari LAFKI Andi Tamrin Jufri mengatakan RSUD Tenriawaru Bone diharapan menopang rujukan wilayah timur dan untuk Palopo menopang wilayah utara.

“Kita lihat keseriusan itu bisa terwujud, karena bupati terlihat sangat menopang dan mendukung untuk mengarah kesana,” ucapnya saat melakukan Survei Akreditasi UPT RSUD Tenriawaru Bone

Untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien pasti akan terwujud. Jika standarisasi tata kelola berpedoman pada standar kementerian kesehatan mempedomani seluruh Indonesia ada 16 Bab, dukungan seperti ini pasti akan mampu

Dan Selama dua hari pihaknya akan menganalisa 16 bab makanya sebagai tanggung jawab, pihaknya harus melakukannya dengan baik.

“Kami datang mau melihat sampai dimana Standarisasi RS Tenriawaru mampu menerapkan itu, hasil potretnya akan menetapkan status akreditasi. Keinginan kami pasti yang terbaik tetapi ada standarisasi yang harus di ikuti untuk mendapatkan predikat terbaik atau paripurna,” jelasnya.

“Kita akan objektif dan akan kita laporkan ke pusat dan harapan kami semoga akreditasinya paripurna. Keseriusannya dan kekompakan apalagi dengan kehadiran bupati adalah salah satu poin dari kami sebagai bentuk dukungan untuk peningkatan pelayanan, kerena
majunya suatu daerah di nilai tiga indikator yakni, pendidikan, SDM, dan kesehatan,”Jelasnya

Jika akreditasi ini terwujud dengan baik dan masyarakat merasakan mutu pelayanan terbaik jelas akan meningkatkan daerah ini. Karena kesehatan merupakan indikator yang penting dalam peningkatan suatu wilayah.

“Ada empat tingkatan akreditasi, yaitu tidak berhasil, madya, utama, dan paripurna. RSUD Tenriawaru Bone telah dua tahun paripurna,” tuturnya.

Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi menuturkan pihaknya berharap UPTD RSUD Tenriawaru Bone Tahun 2023 mampu mempertahankan akreditasi paripurna.

“Atas nama pemerintah daerah Bone bersama segenap jajaran RSUD Tenriawaru mengucapkan selamat datang bapak dan ibu surveyer di bumi para menteri,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kedatangan tim survei bisa memberikan arahan dalam peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD Tenriawaru Bone.

“Kami meyakini RSUD Bone ini mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik apalagi dengan kehadiran beberapa doktor ahli,” ujarnya.

Kata dia untuk saat ini pelayanan sudah lebih dari cukup dengan jumlah penduduk terbesar kedua setelah Makassar. Apalagi dengan hadirnya tim survei bisa memberikan rekomendasi sehingga bisa lebih meningkatkan lagi pelayanan didalamnya.

“RSUD ini sebagai inidikator didalam pemerintahan good goverment kunci utama kesehatan adalah pelayanan dari RS, apapun pelayanan yang baik kepada masyarakat tentu  tidak akan sia-sia,” katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya terobsesi menerapkan UHC di Kabupaten Bone bisa diwujudkan. Ia berharap untuk pelayanan kepada masyarakat hanya memperlihatkan KTP dan KK dengan tidak bertele-tele.

“Harapan kami bersama manajemen RSUD kunjungan ini memberikan hasil yang maksimal dan memberikan keberkahan bagi kita semua yang ada di Bone,” tuturnya.

Kabag Administrasi Kepegawaian, Hukum, dan Humas RSUD Tenriawaru, Andi Dedy Astaman  menuturkan akreditasi ini setiap tiga tahun sekali dilakukan. Fungsi dari tim survei itu melihat pelayanan dari rumah sakit apakay menurun atau meningkat.

“Terkahir 2019 kita lakukan akreditasi, dan kita terus melakukan peningkatan pelayanan masyarakat. Apalagi Kita sudah paripurna dua kali,” ujarnya.

Kata dia, sebelumnya sudah dilakukan verifikasi secara daring saat itu disampaikan semua dokumen terkait yang diminta untuk kepentingan akreditasi.

“Makanya sekarang tim survei datang langsung memvalidasi berkas-berkas laporan kita dan melihat langsung keadaan di lokasi,” katanya.

Aida/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *