Banjarmasin, infobanua.co.id – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, M Syaripuddin Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Universitas Muhammdiyah Banjarmasin, Jum’at, 13/1.

Bertempat di Aula Hj.Ulfah Hidayati, Kegiatan ini di dampingi naasumber Muhammad Abdan Syakura, S.Pd., M.Pd, hadir sebagai peserta mahasiswa/i fakultas agama islam program studi perbankan syariah dan pendidikan islam anak usia dini.

Itensitas pembelajaran selama era reformasi mengalami penurunan yang mengakibatkan kurangnya wawasan pancasila di kalangan pelajar, mahasiswa dan generasi muda.

Wawasan kebangsaan adalah keutuhan secara nasional, yang juga dapat diartikan sebagai cara pandang yang utuh atau menyeluruh dalam lingkup bangsa indonesia dan demi kepentingan nasional. Artinya, setiap warga negara Indonesia harus berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh dalan lingkup NKRI dan demi kepentingan nasional, bangsa dan negara Indonesia.

Syaripuddin biasa di sapa bang dhin ini menjelaskan “Pentingnya merevitalisasi 5 prinsip dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, Nilai Ketuhanan, bangsa yang religius. Nilai Kemanuasiaan, mengakui harkat dan martabat manusia secara berkeadilan dan beradap. Nilai Persatuan Perbedaan, Perbedaan yang menyatukan, tetap pada koridor pluralisme kebangsaan. Nasionalisme tidak memandang perbedaan namun lebih kearah persatuan.
Nilai Kerakyatan, Demokrasi kerakyatan dengan hikmat dan kebijaksanaan. Nilai Keadilan Sosial, Pemenuhan rasa keadilan bagi rakyat Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan,” ucap beliau.

Nilai-nilai pancasila sangat penting dalam kehidupan keseharian sebagai dasar bemasyarakat dan bernegara. Nilai ketuhanan bangsa yang religius, nilai kemanusiaan mengakui harkat martabat manusia secara berkeadilan dan beradab, nilai persatuan pada koridor pluralisme, nilai kerakyatan yang berdemokrasi hikmat kebijaksanaan, nilai keadilan sosial yang mana memenuhi keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia diberbagai bidang kehidupan.

Pesan penutup bang dhin kepada mahasiswa/i UMB,
Menuntut ilmu pendidikan hingga jenjang lebih tinggi sangatlah baik agar kita bisa berdikusi dengan para akademisi menimba ilmu dari beliau, dan terbangunnya koneksi itu sangat penting. Kemudian kejujuran juga tak kalah penting modal paling utama dalam hidup bermasyarakat, dan Bisa bermanfaat bagi orang lain, sesuai dengan landasan pancasila, tutup beliau.

Fad/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *