Nganjuk,infobanua.co.id – Dengan bergerak cepat untuk penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2023 yang bersumber Dana Desa (DD) mulai dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes).Salah satu Pemdes yang melaksanakan dengan menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) ialah Desa Sidokare,Kecamatan Rejoso,Kabupaten Nganjuk.

Kepala Desa (Kades) Sidokare Imam Masyhuri menjelaskan,program BLT yang bersumber dari DD ini termasuk dalam skala prioritas penggunaan tahun 2023.Hal itu sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK),PMK 201 pasal 36 bahwa minimal 10 persen dari DD tahun ini digunakan untuk BLT.

“Melalui Pra Musdessus dan Musdessus yang kami laksanakan maka telah ditetapkan 38 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang berhak menerima BLT tahun 2023,” jelas Imam,Minggu (15/1/2023).

Imam mengungkapkan Pemdes Sidokare mengucapkan terima kasih kepada perwakilan masyarakat Desa Sidokare yang aktif dalam membantu untuk memilih KPM yang sesuai persyaratan dan bisa ditetapkan.Dengan demikian,penyaluran BLT yang dari anggaran DD tersebut tepat sasaran.

“Semoga KPM yang terpilih bisa memanfaatkan dana BLT dengan baik.KPM yang sedang sakit semoga lekas sembuh dan semangat berobat serta dengan adanya BLT ini seluruh KPM perekonomiannya semakin meningkat,” kata Imam.

BLT yang dialokasikan dari anggaran DD tersebut diupayakan dapat disalurkan lebih cepat kepada KPM terpilih di Desa Sidokare.Dengan demikian maksud dan tujuan dari penyaluran BLT untuk KPM tersebut yakni untuk meringankan beban warga kurang mampu bisa dicapai.

“Untuk itulah,pemdes bersama pendamping dan BPD serta perwakilan masyarakat semaksimal mungkin melakukan pendataan KPM yang berhak mendapatkan BLT tahun 2023 ini,” tandas Imam.

(prs)

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *