Categories: Nunukan

Pemkab Nunukan Melalui Dinas Pendidikan Gelar Pelatihan dan Pendampingan Fasilitator Pemampaatan Buku Bacaan

Nunukan, infobanua.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten nunukan melalui Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid dua periode Membuka secara resmi Pelatihan dan Pendampingan Fasilitator Dalam Pemanfaatan Buku Bacaan Anak di Kabupaten Nunukan dan kegiatan tersebut   dilaksanakan di ruangan VIP lantai IV Kantor Bupati Nunukan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Litara bersana dengan inovasi dan Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan juga di hadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan Ahmad, Project Manager Ana Farida Kurniasari, serta narasumber dari Litara Kuswanto dan Sofie Dewayani.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan kali ini yang telah menerima Program hibah buku dari Kemendikbud RI, yaitu 2 orang peserta perwakilan dari SDN 006 Nunukan, 2 orang perwakilan dari SDN 012 Nunukan, 2 orang perwakilan dari SDN 002 Nunukan Selatan, 2 orang perwakilan dari SDN 004 Nunukan Selatan, 2 orang perwakilan dari SDN 005 Nunukan Selatan, 2 orang perwakilan dari SDN.013 Nunukan, 1 orang dari koordinator TBM Nunukan, 1 orang komunitas pengembang suku Tidung, 1 orang dari pegiat literasi, 5 orang aktivis masyarakat dan guru PAUD, 1 aktivis penjaga sekolah, 1 orang guru dan aktivis masyarakat, 1 aktivis masyarakat dan ibu Rukun Tetangga (RT).

Kegiatan ini juga diikuti 9 orang mentor/pendamping, masing-masing dari Dinas Pendidikan Kabupaten. Nunukan, Kepala Bidang  ketenagaan kurikulum sastra dan perizinan, Kepala Sekolah SDN 006 Nunukan, Kepala Sekolah SDN 004 Nunukan Selatan, Guru Kelas SDN 002 Sebatik Barat, Guru Kelas SDN 001 Sebatik, Guru Kelas SDN 001 Sebatik Timur, Pustakawan SDN 003 Sebatik Barat, Kepala bidang Prokompim Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid.SE.PH.d dalam sambutannya mengatakan bahwa kemampuan membaca dan menulis adalah hal yang mendasar yang menyertai kehidupan seseorang.

Perkembangan Literasi di sebuah negara oleh banyak pihak dijadikan sebuah parameter/ukuran dalam menentukan maju atau tidaknya negara tersebut. Perkembangan literasi di sebuah negara menentukan kredit point suatu negara.

“Pada negara-negara yang memiliki kesadaran Literasi yang tinggi, secara umum masyarakat lebih mudah diajak untuk memajukan negaranya, dan negara-negara tersebut juga berkembang pesat di berbagai bidang,” ujar Laura.

Hj Asmin Laura Hafid.SE MM PH.d menjelaskan bahwa berdasarkan survey dilapangan yang dilakukan oleh International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization For Economic Co-Opeeation And Development (OECD) tahun 2019, menyatakan bahwa Indonesia menempati rangking 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

“Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nunukan & Dinas Pendidikan dan kebudayaan aneka program sudah kita jalankan, aneka event juga kita hadirkan guna memberikan stimulan kepada masyarakat luas generasi muda dan kelompok masyarakat untuk sadar literasi, gemar membaca dan menulis.

Bupati Nunukan dua periode berpesan kepada peserta pelatihan  yang akan menjadi fasilititator dalam mendorong pemanfaat buku bacaan anak, agar dapat mengikuti setiap paparan materi.

“Dalami dan diskusikan dengan narasumber dan sesama peserta tentang kendala dan kemungkinan hambatan yang akan ditemui dilapangan nantinya, begitu dengan para narasumber yang akan memberikan pemaparan materi  kiranya juga dapat menyampaikan materinya dengan detail dan mendalam serta membuka ruang diskusi seluas-luasnya sehingga dengan pertemuan ini didapatkan ilmu yang cukup bagi fasilitator dalam melaksanakan tugasnya dilapangan,” kata Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid.

Dalam kesempatan itu pula Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan Ahmad, menyebutkan tujuan dari kegiatan kali ini untuk meningkatkan pengelolaan dan meningkatkan buku baca anak.

(Yuspal-hms)

admin

Recent Posts

Camat Baamang Pantau Langsung Pembersihan Sungai Baamang

Sampit, infobanua.co.id – Bukan dikecamatan MB Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit saja dilanda banjir dengan…

12 jam ago

Pembangunan RMP Diharap Mampu Maksimalkan Serap Hasil Panen

Sampit, infobanua.co.id - Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Irawati berharap pembangunan rice milling plant (RMP)…

12 jam ago

Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence

Mengupayakan perlindungan serta peningkatan kepercayaan dalam ekonomi digital Indonesia   Jakarta, 18 April 2024 —…

12 jam ago

Dinas Ketahanan Pangan PPU Catat Tahun Ini Satu Desa Dikategorikan Rawan Pangan

PENAJAM, infobanua.co.id - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mencatat 2023 sebanyak 20…

14 jam ago

Penting nya Disiplin Kerja dan Sinergi Antar Pegawai, Inlah yang Dikatakan Kakan BPN Depok

Depok, infobanua.co.id - Halal Bihalal bukan sebatas ruang silaturahmi di tengah suasana lebaran Idul Fitri,…

14 jam ago

Deretan Artis Ibukota Meriahkan Pesta Laut Kota Pagatan Simak Persiapannya

BATULICIN, infobanua.co.id – Deretan artis ibukota Jakarta bakal meramaikan Event pesta Mappanreritasie tahun 2024 di Pagatan…

15 jam ago