AMUNTAI, infobanua.co.id – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Zainal Abidin menyerahkan secara simbolis bantuan Program beasiswa kepada 47 orang pelajar SLTA/SMK sederajat dan 45 orang mahasiswa Perguruan Tinggi di Aula Baznas HSU, Rabu (18/1/2023).

Ketua Baznas HSU, Zainal Abidin mengatakan Baznas mempunyai kewajiban untuk mendorong generasi muda meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan wawancara sebagai bekal menyambut estafet pemimpin di masa yang akan datang, salah satunya dengan pemberian beasiswa ini.

“Sebenarnya tidak hanya beasiswa, masih ada lagi program penyaluran lain yang masuk program HSU cerdas seperti bantuan studi keluar negeri kemarin bagi mahasiswa ke Al Azhar (mesir) sebanyak 14 orang, ke Yaman 4 orang ada yang ke Tarim dan ada yang ke San’a,”kata Zainal Abidin.

Ia menambahkan bahwa Baznas juga tak jarang menyalurkan bantuan modal usaha bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui program HSU Makmur.

Terlebih, Kata Zainal pada saat pandemi kemarin banyak usaha-usaha kecil menengah yang mengalami kekurangan modal hingga kerugian, karenanya kehadiran Baznas diharapkan dapat membantu melanjutkan dan membangkitkan lagi usaha mereka.

“Selain itu, banyak lagi kegiatan yang lain, kemarik kita juga membantu membedah rumah tak layak huni, ada 10 buah rumah yang kita bantu di sepuluh kecamatan masing-masing senilai Rp. 25juta, ditambah bantuan bagi korban bencana kita juga hadir untuk meringankan beban mereka,” imbuhnya.

Selain bersumber dari zakat, infak dan sedekah secara langsung ke Baznas, sumber dana tersebut sebagian juga berasal dari zakat infak dan sedekah dari pegawai negeri pemerintah (PNS) setiap bulan.

Oleh karena itu, Zainal berharap masyarakat yang tergolong pengusaha dengan penghasilan besar dapat memberikan zakat, infak dan sedekahnya melalui Baznas agar penyaluran bantuan dapat maksimal, tepat dengan memberikan manfaat yang luas.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *