Kotabaru, infobanua.co.id – Pemerintah daerah kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan Kabupaten kotabaru melaksanakan kegiatan training dan Uji fungsi penggunaan alat ultrasonografi (USG), Rabu 18/1/2023 Bertempat di Gedung Ratu Intan Lt. II.

Turut Berhadir pada acara ini Ketua Tim Penggerak PkK Kabupaten Kotabaru Hj. Idiana Sayed Jafar, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan Anak (DP3A), dokter, Bidan Puskes Se-kabupaten Kotabaru.

Kepala dinas kesehatan Erwin simanjuntak mengatakan kegiatan uji Fungsi dan training alat USG ini melibatkan Bidan Puskesmas yang ada di Kabupaten kotabaru.

“Hari ini kita adakan training penggunaan alat USG Portable, agar seluruh Bidan yang ada di Puskesmas kabupaten kotabaru bisa mengunakannya dengan baik”

Dijelaskan erwin, sebanyak 28 Puskesmas yang ada dikabupaten kotabaru akan mendapatkan Alat USG Portable ini, tujuannya untuk memudahkan pemeriksaan ibu hamil serta dapat mengurangi persoalan stunting sejak dini di kabupaten Kotabaru.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Kotabaru mengapresiasi adanya kegiatan uji fungsi/ training  penggunaan alat USG portable.

“Saya sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini, dengan adanya alat USG yang dibagikan di puskesmas iini agar mempermudah khususnya para bidan dapat meminimalisir terjadi status stunting dikabupaten kotabaru”

Idiana juga menambahkan, saat ini Tim penggerak PKK kabupaten kotabaru, bersama dinas kesehatan dan Dinas Pemberdayaan, perempuan dan perlindungan anak Kabupaten kotabaru terus gencar mengadakan sosialisasi untuk mengurangi permasalahan stunting kekotabaru.

“Kami trus, berupaya mengurangi keberadaan stunting di kabupaten kotabaru dengan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat dan kita berharap stunting/ kekuraangan gizi buruk di kotabaru dapat berkurang secara signifikan,” harapnya.

Uji fungsi dan training ini dijelaskan langsung oleh Fariza mahatma iriani, selaku Clinical Application Specialist (produk spesialis Usg mindry) dari Pt. Arkan Jaya Nusantara selaku penyedia Alat USG untuk puskesmas yang ada dikabupaten Kotabaru.

(JL).

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *