XL Axiata telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar. Ada kemungkinan terjadi lonjakan trafik selama perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh yang lebih tinggi dari tahun lalu, mengingat pemerintah sudah mencabut kebijakan pembatasan terkait pandemi.

 

 

Banjarmasin, 20 Januari 2023. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di seluruh Kalimantan siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik selama masa liburan Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh yang akan berolangsung tidak lama lagi. XL Axiata memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data sekitar 19% dibanding hari normal. Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota dengan konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh terbesar di Kalimantan, seperti Pontianak, Singkawang, Balikpapan, Samarinda, Tanjung Selor, Palangkaraya, Banjarbaru juga Kotabaru.

 

Plt Regional Group Head XL Axiata untuk Kalimantan, Horas Lubis, mengatakan, “Tahun lalu saat masih ada pandemi saja trafik ada kenaikan. Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, terutama di Singkawang, selalu mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat Tionghoa. Ribuan orang akan datang ke Pontianak dan Singkawang untuk merayakan kedua hari besar tersebut. Untuk itulah kami akan menyiapkan jaringan yang memadai.”

 

Menurut Horas, meskipun kenaikan trafiknya tidak akan sebesar Lebaran atau Nataru dan juga lebih terkonsentrasi di beberapa kota saja, namun XL Axiata tetap menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar. Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara trafik layanan percakapan (voice) diperkirakan stabil. Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum diprediksi mengalami peningkatan sekitar 11%. Selain itu, layanan seperti Video Call, Web Browsing, dan Instant Messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan karena biasanya di momen ini akan banyak yang menyampaikan ucapan selamat.

 

Selama perayaan Imlek nanti, XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman, pusat-pusat keramaian, seperti antara lain pusat perbelanjaan, terminal dan juga bandara. XL Axiata juga menyiapkan tiga unit mobile BTS (MBTS) untuk memastikan performa jaringan di sejumlah lokasi.

 

Jaringan data 4G XL Axiata di Kalimantan kini telah menjangkau lebih dari 1.800 desa/kelurahan, 466 kecamatan di 55 kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, atau lebih dari 75% populasi Kalimantan. Jaringan XL Axiata di seluruh Kalimantan ini didukung oleh total lebih dari 9.800 BTS termasuk lebih dari 5.800 BTS 4G LTE. Infrastruktur jaringan ini juga didukung kabel serat optik antardaerah. Selain itu, XL Axiata juga terus mengimplementasikan program 3G shutdown yang diiringi dengan proses re-farming dari jaringan 3G ke jaringan 4G, yang kini telah mencapai 90% dari total BTS. Berikut detail jumlah BTS 4G di masing-masing provinsi:

 

  • Kelimantan Selatan lebih dari 200 BTS
  • Kalimantan Timur lebih dari 400 BTS
  • Kalimantan Barat lebih dari 300 BTS
  • Kalimantan Tengah lebih dari 800 BTS
  • Kalimantan Utara lebih dari 90 BTS

 

Sementara itu, guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan layanan selama perayaan Imlek, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap. Pelanggan bisa menghubungi petugas call center selama 24 jam, melalui 817, 818 dan 838 serta channel layanan berbasis digital yaitu @myXLCare untuk twitter dan Facebook Page, live chat di www.xl.co.id, dan email customerservice@xl.co.id.  Untuk pelanggan kartu axis juga bisa melalui @ask_AXIS untuk twitter, live chat di www.axis.co.id dan email cs@axisnet.id.

Rel/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *