BANJARBARU, infobanua.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten Banjar telah berkoordinasi dan melakukan pemasangan tandon air untuk keperluan wudhu jemaah haul. Selain itu juga menyediakan perahu karet, ambulanc serta spead boat dan beberapa persiapan lainnya yang masih berjalan ditargetkan rampung Selasa mendatang.

Hal tersebut disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, saat rapat pemantapan haul akbar ke 18 KH Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) di Gedung Idham Chalid, Jumat (20/1/2023) siang.

Ikhwansyah juga meminta informasi final perkiraan jumlah jemaah, termasuk tamu VIP dan VVIP, guna Hal memudahkan pihak yang melaksanakan perencanaan rekayasa lalu lintas. Terkait hal ini, perwakilan dari Pimpinan Haul M Aufa mengatakan, diprediksi akan ada 3.000 jemaah berada di lokasi utama kegiatan.

“Beberapa tempat di perkantoran Setdakab Banjar semisal aula juga kami siapkan untuk dijadikan tempat istirahat. Pada dasarnya Pemkab Banjar mendukung penuh kegiatan dan selalu siap bekerjasama dengan pihak Provinsi Kalsel” ujar Ikhwansyah.

Poin lain yang dibahas peran Kominfo dalam menyebarluaskan info terkait haul serta rencana penyiaran live streaming melalui tv, youtube, radio yang terpusat melalui arahan Kominfo Provinsi untuk kemudian juga disebarluaskan secara rellay oleh Kominfo Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

Selasa (24/1/2023) Kominfo Provinsi Kalsel akan melakukan pemasangan alat dan uji coba streaming di kediaman Paman Birin di Desa Keramat Baru.

Sebelumnya pada 18 Januari Diskominfo telah melakukan survei jaringan di lokasi bersama PT Telkom, kemudian pihak PT Telkom telah mengupgrade jaringan di kediaman Paman Birin di Desa Keramat dari Indihome ke Astinet dengan kecepatan 100:100 Mbps.

Menjadi perhatian utama di haul akbar ini rencananya (masih tahap konfirmasi) jika tak ada aral, akan dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Skenario rekayasa lalu lintas tamu VVIP tersebut akan dibahas pada rapat khusus.

Rapat pemantapan ini dipimpin Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, dihadiri Kastaf Korem 101 Antasari, perwakilan Polda Kalsel, perwakian Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, beberapa kepala dinas Provinsi Kalsel, Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru, Camat Martapura Timur dan Barat, Pambakal se Martapura Timur serta relawan.

Fad/IB

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *