infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Pemko Banjarbaru Sediakan Bus Gratis, Penginapan Gratis dan Siaran Langsung

Pemko Banjarbaru Sediakan Bus Gratis, Penginapan Gratis dan Siaran Langsung

Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin mengerahkan SKPD di Pemko Banjarbaru agar kembali bersiap melayani jamaah haul Tuan Guru Sekumpul.

Banjarbaru, infobanua co.id  – Setelah pihak Mushala Ar-Raudhah resmi mengumumkan bahwa Haul Abah Guru Sekumpul kembali dilaksanakan di Mushala Ar-Raudhah, sebagaimana biasa dilaksanakan sebelum adanya pembatasan Covid-19, Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin mengerahkan SKPD di Pemko Banjarbaru agar kembali bersiap melayani jamaah haul Tuan Guru Sekumpul.

“Kita memang baru saja mengadakan pelayanan serupa untuk jamaah yang menghadiri haul Abah Guru di Kampung Keramat. Namun dengan adanya informasi resmi bahwa Mushala Ar-Raudhah juga akan melaksanakan, Pemko Banjarbaru kembali bersiap untuk memberikan pelayanan jamaah pada acara yang dilaksanakan Minggu malam nanti,” kata Aditya, Jumat (27/1/2023).

Masih kata Aditya, orang nomor 1 di Kota Banjarbaru ini mengatakan persiapan Pemko Banjarbaru telah matang dengan memperhatikan berbagai kebutuhan jamaah yang diperkirakan hadir dengan jumlah mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan orang. Ia juga mengungkapkan akan secara langsung turun tangan dalam memimpin koordinasi kesiapan di seluruh jajaran SKPD.

“Sudah hampir 3 tahun lamanya pasca adanya Covid-19, kerinduan masyarakat akhirnya terjawab. Sebagai daerah tetangga, kami akan memberikan dukungan apapun yang bisa dilakukan untuk kelancaran Haul Abah Guru,” imbuhnya.

Tak main-main, setiap SKPD di lingkungan Pemko Banjarbaru mengambil peran untuk menjamu kedatangan jamaah. Salah satunya Dishub Kota Banjarbaru telah memastikan ketersediaan bus angkutan gratis untuk mengantarkan jamaah dari Lapangan Murjani ke kawasan lokasi pelaksanaan haul Abah Guru Sekumpul di Kabupaten Banjar.

Kepala Dishub Kota Banjarbaru, Marhain Rahman, melalui Kabid LLAJ, Hendra Maulana menginfomasikan, untuk saat ini ada sebanyak sembilan unit bus yang akan mengaspal untuk mengantarkan para jamaah secara bergantian.

“Jadi setiap unit bus yang telah terisi langsung mengantarkan jamaah ke lokasi terdekat pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul. Intinya kita situasional saja, sesuai permintaan jamaah sampai mana di antarnya. Insya Allah, jumlah unit bus yang dioperasionalkan akan kita tambah lagi,” ucapnya.

Sementara itu, bagi jamaah yang sudah tidak bisa masuk ke wilayah Sekumpul, Kabupaten Banjar –lokasi pelaksanaan haul–, Pemko Banjarbaru juga telah menyediakan alternatif lain. Dalam hal ini, Diskominfo Kota Banjarbaru akan mencoba menayangkan siaran langsung pelaksanaan haul melalui layar proyektor di Lapangan Murjani apabila cuaca mendukung. Dan jika memungkinkan, siaran langsung pelaksanaan haul pun dapat ditonton melalui channel youtube Banjarbaru TV.

Kerjasama Diskominfo Banjarbaru juga dilakukan bersama Diskominfo Kabupaten Banjar untuk mengintegrasikan live CCTV Banjarbaru – wilayah Sekumpul, agar para jamaah bisa memprediksi tempat yang dituju apakah sudah penuh ataupun dalam kondisi macet.

Masih di Lapangan Murjani, dukungan juga datang dari Disperkim Kota Banjarbaru dengan menyuplai kebutuhan air bersih untuk wudhu jamaah dan kebutuhan air WC. Termasuk mempersiapkan penambahan lampu penerangan jika dibutuhkan saat malam hari.

Dari luar area jantung ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan itu, Dinas Pendidikan dan Dispordabudpar Kota Banjarbaru memastikan menyediakan fasilitas penginapan dan rest area bagi para jamaah haul dari penjuru daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Dedy Sutoyo, mengkonfirmasi sedikitnya ada 17 sekolah yang siap dialihfungsikan sebagai posko dan penginapan sementara jamaah haul. Tak hanya sekadar menggunakan ruangan kelas sebagai tempat menginap, pihaknya juga menyediakan layanan berupa toilet dan kamar mandi untuk para jamaah.

“Petugasnya dikoordinir langsung oleh kepala sekolah dan guru dari sekolah yang dipakai sebagai penginapan. Dibantu tim dari Disdik juga yang mobile. Untuk konsumsi, Insya Allah akan dipenuhi, kami akan berkoordinasi dengan pos induk di Lapangan Murdjani dan masyarakat sekitar,” tambahnya.

Sementara untuk rest area, Kepala Disporabudar Kota Banjarbaru, Yani Makkie, memastikan telah menyediakan fasilitas yang nyaman bagi jamaah menikmati waktu istirahat dan bersantai di Mess L Banjarbaru. Hal ini juga katanya menjadi langkah antisipasi apabila kondisi jamaah di lapangan Murjani telah membludak.

Tak sampai disitu, 5 Kecamatan yang ada di Kota Banjarbaru kini telah bergerak untuk menyediakan rest area di setiap wilayahnya. Contohnya saja, Kecamatan Landasan Ulin yang telah memetakan 10 posko titik rest area, tersebar di 4 kelurahan yakni Kelurahan Guntung Manggis, Kelurahan Guntung Payung, Kelurahan Syamsudin Noor dan Kelurahan Landasan Ulin Timur.

Kemudian di Kecamatan Banjarbaru Utara, terdapat 8 titik rest area. Sebarannya dapat ditemukan di sepanjang jalan A Yani menuju bundaran Simpang Empat maupun di sepanjang jalan Panglima Batur.

Dari sisi lainnya yang cukup diperhatikan ialah faktor keselamatan. Demi menunjang hal itu, Dinkes dan RSD Idaman Kota Banjarbaru bekerjasama memberikan layanan kesehatan yang mumpuni.

Yus/IB

Bagikan:

Iklan