infobanua.co.id
Beranda Malinau Peletakan Batu Pertama PLTA Mentarang Hilir Kabupaten Malinau- Kaltara

Peletakan Batu Pertama PLTA Mentarang Hilir Kabupaten Malinau- Kaltara

Presiden Joko Widodo menyatakan grounbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang Induk di Kabupaten Malinau Kalimantan Utara.

Malinau, infobanua.co.id  – Bupati Malinau Wempi W Mawa, SE. MH beserta jajaran nya menyambut kedatangan Rombongan Presiden Joko Widodo ke  tanah lokasi peletakan batu pertama PLTA Mantarang Hilir Kabupaten Malinau – Kaltara, Rabu tanggal 1 Maret 2023 di wilayah Desa Paking Mantarang Hilir.

Presiden Joko Widodo menyatakan grounbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang Induk di Kabupaten Malinau Kalimantan Utara.  Jokowi berharap proyek ini dapat rampung dalam kurun waktu 7 tahun.

“Diharapkan 7 tahun lagi, 7 tahun dapat selesai,  kita harapkan betul betul memberikan manfaat kepada Kabupaten Malinau, kepada Provinsi Kalimantan Utara dan kepada seluruh rakyat kita Indonesia,” kata Jokowi

Proyek pembangunan PLTA Mentarang Induk ini sudah dimulai. Terlebih, konstruksi proyek ini dikerjakan oleh konsorsium Indonesia dan Malaysia.Ini menunjukkan bahwa kita sebagai saudara serumpun betul-betul bisa bekerja sama dengan baik. PLTA Mentarang Induk ini terintegrasi dengan kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) yang ada di Kabupaten Bulungan. Sehingga, akan menghasilkan produk-produk hijau dengan dukungan energi hijau.

Jokowi menyatakan, produk-produk yang emisi karbonnya rendah, produk-produk yang memiliki harga yang premium tetapi kompetitif. Karena energinya dari energi hijau dari Sungai Mentarang di Kabupaten Malinau.

“Diharapkan PLTA Mentarang Induk dapat disambungkan dengan kawasan industri hijau di Kabupaten Bulungan. Hal ini bukan pekerjaan mudah dan membutuhkan anggaran hingga Rp40 triliun,” katanya.

Philipus

Ibrahim

Bagikan:

Iklan