Categories: TAPIN

Dekranasda Tapin Tampil Promosikan Purun dan Sasirangan Diajang Inacraft 2023

Rantau, infobanua.co.id  –Kerajinan tangan kain sasirangan dan anyaman purun asli olahan Kabupaten Tapin hadir di salah satu stand dalam Jakarta International Inacraf Trade Fair ( Inacraf) Tahun 2023 berlangsung di Jakarta Convention Center, Rabu (1/3/2023).

Gelaran diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handcraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan PT Mediatama Binakreasi yang berlangsung selama 5 hari dari 1 sampai 5 maret 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo yang diwakili oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, dihadiri pula sejumlah menteri dan pejabat negara.

Karena dalam momen Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft), menjadi salah satu kesempatan kerajinan Tapin unjuk gigi tidak terkecuali dalam event Inacraft tahun 2023 kali ini.

Pengunjung tampak berada di salah satu stand Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan untuk melihat dan membeli kerajinan Tapin yang unik berbeda dengan olahan daerah lain

dengan ciri khas tertentu. Baik itu kain sasirangan, tas berbahan purun kombinasi kulit sentites, tutup saji, kopiah jangang, topi, tikar purun dan banyak lagi yang lainnya dibawa oleh Dekranasda Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan.

Disamping itu pula, Stand Dekranasda Tapin juga mendapat kunjungan dari Ketua Dekranasda Prov Kalsel Hj Tadahulu Jannah Sabirin Noor beserta rombongan Dekranasda Kalsel.

Sementara Dekranasda Tapin langsung di Pimpin oleh Ketua Dekranasda Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan bersama pengurusnya, Wakil Ketua PKK Hj Mustaidah Syafrudin Noor dan jajaran Dinas Perindustrian Kab Tapin.

Keberadaan Ketua Dekranasda Tapin tidak hanya sekedar duduk manis melihat bawahan kerajinan Tapin, tetapi juga menawarkan kepada pengunjung serta menjelaskan kerajinan tangan yang sudah jadi.

Ketua Dekranasda Tapin Hj Ratna Ellyani, saat berada di stand menyampaikan, alhamdulillah Dekranasda Tapin bisa kembali ikut tampil pada ajang Jakarta International Inacraf Trade Fair (Innacraf) Tahun 2023 berlangsung di Jakarta.

“Dengan kehadiran hasil kerajinan olahan Tapin tampil di pameran kerajinan terbesar asia tenggara tahun 2023 ini, diharapkan dapat memperluas pasar,” katanya.

Dalam ajang Innacraf ini Dekranasda Kabupaten Tapin di standnya memamerkan produk produk kerajinan tangan seperti sasirangan, tas ,topi, tikar berbahan dasar purun dengan kreasi kulit sintetis dan kain sasirangan.

“Alhamdulilah Stand Tapin sejak dibuka hingga tutup stand selalu ramai untuk di kunjungi,” ungkapnya.

Diakui Hj Ratna dengan ikut serta ini, dapat menampilkan produk – produk kerajinan tangan dan banyak diminati para pengunjung baik dari dalam dan luar negeri serutama kerajinan purun dan sasirangan. Hal ini berkat keterampilan serta kreativitas para pengrajin Tapin yang mampu mengembangkan produknya sedemikian rupa.

“Dengan diminatinya kerajinan dari Tapin ini, saya mengharapkan kepada para pengrajin agar bisa lebih meningkatkan kualitas dan lebih kreatif lagi dalam membuat pruduk agar bisa bersaing dengan buatan daerah lain,” sebutnya.

Pada kesempatan itu pula Stand Dekranasda juga mendapat kunjungan ketua Dekranasda Kalsel beserta jajarannya.

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

Disbudporapar Banjarmasin Gelar FGD Desain Olahraga Daerah untuk Implementasi DBON

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dalam rangka mendukung implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan memastikan pembangunan…

25 menit ago

PJ Bupati HSS Resmikan Sosialisasi Pemilih Pemula untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Kandangan, infobanua.co.id – Pejabat (PJ) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Endri, A.P., M.AP., secara resmi…

33 menit ago

Event Jelajah Literasi. Bupati Sampaikan Ini

BATULICIN, infobanua.co.id - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten (dispersip) Tanah Bumbu Gelar Event Jelajah Literasi…

40 menit ago

Indosat Business Perkenalkan Solusi IoT untuk Mendukung Konservasi Mangrove di Indonesia

Jakarta, 17 Oktober 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui Indosat Business, menegaskan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan…

1 jam ago

Pj Ketua TP PKK HSS Resmikan Pelatihan UP2K untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga

Kandangan, infobanua.co.id – Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Hj. Mutia…

1 jam ago

DKUMPP Banjar Gelar Sosialisasi Ekspor untuk Pelaku Usaha Mikro

Martapura, infobanua.co.id – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar mengadakan sosialisasi…

1 jam ago