Categories: TANAH BUMBU

Melasti Bagi Ummat Hindu di Tanah Bumbu Menjadi Rangkaian Perayaan Nyepi

BATULICIN, infobanua.co.id – Ummat Hindu di Tanah Bumbu  menyambut hari raya nyepi, dalam  momentum tersebut umat Hindu Bali sekaligus menggelar ritual melasti (pensucian Alam semesta dan diri) di Pantai Madani Kecamatan Sungai Loban, Minggu (19/3/2023)

Kegiatan ritual melasti tidak hanya dihadiri oleh Umat Hindu Tanah Bumbu saja melainkan dari beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan selatan dan berpusat di Pantai Madani Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar bersama seluruh Kepala SKPD dan Forkopimda.

Ketua Parisada Hindu Dharma Tanah Bumbu Ketut Aman menyampaikan ucapan terikasih kepada Bupati Tanah Bumbu yang berkenan hadir dalam acara tersebut.

“Kami atas nama parisada Hindu Dharma Tanah Bumbu mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang berkenan hadir di acara ini,” Katanya.

Lebih lanjut, Ketut Aman mengatakan saat ini umat hindu Tanah Bumbu sudah memiliki pantai sendiri untuk melakukan ritual melasti dengan fasilitas yang sangat baik dan sudah tersertifikasi oleh pemerintah daerah.

“Ini semua berkat bantuan dari Bupati, Kejari dan anggota DPRD sehingga umat hindu bali yang ada di Tanah Bumbu sudah memiliki tempat untuk melaksanakan ritual keagamaan seperti melasti yang kita gelar hari ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dalam sambutanya mengatakan atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada Umat Hindu atas terselenggaranya Upacara Melasti dalam rangka menyambut Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945.

Seperti kita ketahui bersama, upacara ini merupakan upaya pembersihan diri secara lahir dan batin yang biasanya dilaksanakan di tepi pantai dengan tujuan terbuangnya segala keburukan dan kesalahan diri bersama kembalinya ombak dari pantai. Bagi umat Hindu, laut atau danau adalah sumber air kehidupan atau tirta amerta.

Semoga dengan perayaan pesona melasti ini, umat Hindu di Tanah Bumbu agar senantiasa mengasihi semua makhluk ciptaan tuhan, jangan bersikap bermusuhan atau menunjukkan kebencian, hiduplah tanpa membeda-bedakan suku, agama dan ras.

“Saya berharap melalui perayaan melasti ini diharapkan sinergitas serta dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, termasuk umat hindu untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah agar menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

 

Diakhir sambutanya bupati menyampaikan pada tahun ini akan memberikan bantuan kepada parisada hindu dharma  untuk pembangunan fasitlitas sarana dan prasarana dipantai madani.(. )

infobanua

Recent Posts

Bank Kalsel Serahkan 3 Printer Qris ke Samsat Banjarbaru

Banjarbaru, infobanua.co.id - Bank Kalsel menyerahkan 3 unit printer Qris pencetakan pembayaran pajak kepada UPPD…

11 jam ago

Bank Kalsel Salurkan Bantuan Masjid Muhammadiyah Sungai Mia Banjarmasin

Banjarmasin, infobanua.co.id – Kepedulian Bank Kalsel dalam membantu berbagai kegiatan sosial di Banua, baik itu…

12 jam ago

Pemkab Pessel Siapkan 221 Ton Beras Bagi Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar)…

13 jam ago

Bupati Pessel Berbuka Puasa Bersama Warga di Nagari Gurun Panjang

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar lakukan kegiatan buka…

13 jam ago

Prestasi Gemilang, Bank Kalsel Raih Penghargaanpada Ajang 5 th Top Digital Corporate Brand Award2024

Banjarmasin, 28 Maret 2024 - Bank Kalsel kembali menorehkan prestasi. Kali ini, BankKalsel menerima penghargaan…

13 jam ago

Bank Kalsel Serahkan 3 Gerobak Baru Untuk UMKM, Dalam Semarak HUT ke-60

BANJARMASIN, 28 Maret 2024 – Dalam perayaan HUT Bank Kalsel ke-60 dengan tema SEMARAK (Selalu…

14 jam ago