Categories: BANJAR

Uji Publik Awal Penyusunan Dokumen KLHS RPJPD 2025-2045 Banjar Resmi Dibuka

Martapura, infobanua.co.id  – Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) jadi upaya untuk mengidentifikasi dampak atau resiko negatif terhadap lingkungan sebagai alternatif penyempurnaan rencana kebijakan.

Demikian disampaikan Plh Sekda Banjar Ikhwansyah saat membuka Uji Publik Awal Penyusunan Dokumen KLHS Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Banjar Tahun 2025-2045 di Banjarbaru, Selasa (21/3/2023).

“Kegiatan KLHS ini bertujuan untuk memastikan prinsip pembangunan berkelanjutan menjadi dasar sejalan dengan pembangunan suatu wilayah sesuai kebijakan rencana dan program agar lingkungan terjaga dengan baik,” ujar Ikhwansayah.

Dikatakan Plh Sekda, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) melakukan penyusunan KLHS bersifat inklusif, partisipatif dan transparan melibatkan berbagai pihak.

Ia berharap kepada seluruh peserta agar dapat memberikan saran dan gagasan sehingga permasalahan yang dihadapi Kabupaten Banjar bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah.

“Kita jadikan Uji atau Konsultasi Publik Awal KLHS ini sebagai momentum untuk berkolaborasi dan berkomitmen menciptakan pembangunan yang berkelanjutan yang lebih baik dan berdayaguna,” harap Ikhwansyah.

Sementara, Kepala DPRKPLH Banjar Mursal menambahkan KLHS mengintegrasikan aspek lingkungan, sosial, ekonomi,hukum dan tata kelola ke dalam strategi pembangunan berkelanjutan untuk menjamin keberlangsungan lingkungan hidup, keselamatan dan kesejahteraan generasi kini dan masa depan.

Adapun Peserta yang mengikuti kegiatan KLHS ini berjumlah 70 orang terdiri dari SKPD, Perguruan Tinggi, LSM, Tokoh Masyarakat dan Pengusaha. Narasumber dari tim penyusun KLHS Universitas Lambung Mangkurat.

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024, Bukti Kesuksesan Penataan Transportasi

Jakarta, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berupa Wahana Tata Nugraha…

6 jam ago

Lima Presidium KAI Kalsel Resmi Dilantik, Siap Angkat Kembali Marwah Organisasi

Banjarmasin, infobanua.co.id – Setelah melalui proses panjang dan intensif, Konferensi Daerah Luar Biasa Kongres Advokat…

7 jam ago

Wali Kota Banjarbaru Raih Tiga Penghargaan Nasional dalam Sepekan, Terbaru Wahana Tata Nugraha 2024

BANJARBARU, infobanua.co.id – Dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut, Wali Kota Banjarbaru, Muhammad Aditya Mufti…

8 jam ago

Bapaslon Mudyat-WIN Silatuhrami di Desa Giriumukti

PENAJAM, Infobanuo.co.id - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara…

11 jam ago

Sekda Nunukan Resmi Buka Kegiatan Advokasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG)

NUNUKAN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Nunukan kembali menunjukkan komitmen seriusnya dalam mempercepat pengarusutamaan gender. Senin…

12 jam ago

DPRD Kotim Dukung Pasar Murah di Gelar Rutin

Sampit, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sementara, Rinie mendukung penuh jika Pemerintah Kabupaten…

13 jam ago