infobanua.co.id
Beranda DPR Komisi II DPRD Kalsel Dorong Pemetaan Berbagai Potensi Produk Pertanian dan Peternakan

Komisi II DPRD Kalsel Dorong Pemetaan Berbagai Potensi Produk Pertanian dan Peternakan

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel, Imam Suprastowo ketika menjadi narasumber pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (MUSRENBANGTAN)

Banjarbaru, infobanua.co.id   Wakil Rakyat “Rumah Banjar” mendorong Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memetakan berbagai potensi produk pertanian dan peternakan yang ada di kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hal tersebut, dikemukakan Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel, Imam Suprastowo ketika menjadi narasumber pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (MUSRENBANGTAN) tingkat Provinsi Tahun 2024, Senin (20/3) pagi di Banjarbaru.

Sebagai contoh, Imam Suprastowo sempat menyinggung soal Itik Alabio yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Menurutnya, potensi tersebut dapat dikembangkan sebagai hewan ternak unggulan.

Hanya saja, sambungnya, kondisi saat ini, kemurnian genetik Itik Alabio tidak dapat dijamin kemurniannya. Sebab, maraknya perkawinan silang. Padahal, menurutnya Itik Alabio adalah sesuatu yang sangat potensial untuk Kabupaten HSU.

“Karenanya, diperlukan berbagai strategi seperti membangun peternakan inovatif dan kondusif yang berkelanjutan, membangun klaster peternakan Itik Alabio serta revitalisasi kelembagaan pelestarian itik alabio,” ujar politisi senior PDI Perjuangan teraebut.

Dikatakan Imam Suprastowo, pihaknya dari DPRD Provinsi Kalsel siap untuk membantu baik terkait alokasi anggaran maupun penyiapan produk hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) sebagai wujud keturut sertaan wakil rakyat dalam hal mewujudkan visi Kalsel.

Sebab, ia mengakui bahwa DPRD Provinsi Kalsel telah meletakkan posisi kepentingan, kemaslahatan, dan kebermanfaatan Kalsel sebagai landasan dalam mendukung kebijakan pemerintah daerah.

“DPRD Provinsi Kalsel siap memberikan dukungan anggaran sepanjang perangkat daerah mampu menyampaikan argumentasi yang terukur dan
rasional terhadap urgensi program dan kegiatan yang direncakan,” papar Imam Suprastowo.

Selain fungsi anggaran dan pengawasan, saat ini, ia mengatakan DPRD Provinsi Kasel tengah berupaya menuntaskan Raperda tentang Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan untuk memastikan terwujudnya pembangunan perkebunan sebagai salah satu prioritas kebijakan.

Tuan rumah acara, kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, Suparmi, akan menampung usulan-usulan yang ada, sesuai tujuan terlaksananya MUSRENBANGTAN tingkat Provinsi Kalsel 2024 ini yakni menghasilkan output berupa usulan sebagai pertimbangan untuk membuat program prioritas ke depan.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan