infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI SELATAN Bupati HSS Tinjau Lokasi Terdampak Banjir dan Dapur Umum

Bupati HSS Tinjau Lokasi Terdampak Banjir dan Dapur Umum

Beberapa titik terdampak banjir yang ditinjau oleh Bupati HSS beserta jajaran pada hari ini diantaranya Simpang 4 Muara Banta, desa Jambu Hilir, Jl. Jendral Sudirman (simpang 4 Padang Panjang), Pulau Sepakat pasar Los Batu Kandangan, dan Jl. Brigjend Katamso.

Kandangan, infobanua.co.id – Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, Sekretaris Daerah Drs. H. Muhammad Noor M.AP beserta sejumlah pejabat Pemkab HSS turun langsung untuk meninjau beberapa lokasi yang terdampak bencana banjir akibat hujan dengan intensitas yang cukup tinggi di Kab. HSS. Pada Minggu, (26/03/2023).

Adapun beberapa titik terdampak banjir yang ditinjau oleh Bupati HSS beserta jajaran pada hari ini diantaranya Simpang 4 Muara Banta, desa Jambu Hilir, Jl. Jendral Sudirman (simpang 4 Padang Panjang), Pulau Sepakat pasar Los Batu Kandangan, dan Jl. Brigjend Katamso.

Dalam wawancaranya, Bupati HSS menjelaskan peninjauan hari ini untuk memastikan semua warga yang terdampak bisa terselamatkan. Beliau mengatakan, juga telah disiapkan sejumlah perahu karet yang dapat digunakan dalam keadaan mendesak dari berbagai pihak diantaranya BPBD, Tagana, BPK, dan sejumlah relawan lainnya.

Lebih lanjut Beliau menjelaskan, bencana bajir tersebut tidak bisa dihindari melihat intensitas hujan cukup tinggi di pegunungan dan diseluruh wilayah Kab. HSS yang membuat air sungai meluap.

“Ada beberapa titik yang kita evaluasi, kita sudah membuat drainase cukup besar tapi ada beberapa titik yang tertutup pada saat masyarakat membangun rumah atau toko. Nanti akan kita ingatkan kepada para pemilik bangunan.” jelasnya.

Dikatakan Bupati bahwa Kab. HSS memiliki alat deteksi dini bencana banjir yang beberapa waktu lalu telah berbunyi menandakan volume air di Bendungan sudah tinggi, namun bersyukur untuk saat ini air di bendungan sudah mulai terlihat penurunan.

Selain itu, Bupati HSS juga menyempatkan diri menyambangi Dapur Umum yang bertempat di Pusdalpos Tagana Kab. HSS. Peninjauan tersebut untuk memastikan pasokan makanan bagi korban terdampah banjir dan juga untuk para relawan tetap lancar dan tidak mengalami hambatan, terlebih untuk berbuka puasa nantinya.

“Kita juga memastikan pada saat berbuka puasa nanti pasokan makanan mencukupi. Termasuk untuk para relawan dilapangan, karena mungkin mereka masih dilapangan sampai waktu berbuka tiba.” terang Bupati HSS.

Beliau juga bersyukur dapur umum tersedia dibeberapa tempat atas partisipasi masyarakat, salah satunya juga ada di Pulau Sepakat (Pasar Los Batu Kandangan).

Dil/IB

Bagikan:

Iklan