infobanua.co.id
Beranda KALTENG Persiapan Pengamanan Lebaran Idhul Fitri, Dishub Sampit Siapkan Anggota Dilapangan

Persiapan Pengamanan Lebaran Idhul Fitri, Dishub Sampit Siapkan Anggota Dilapangan

Suasana parkir di PPM dalam yang selalu dipenuhi kendaraan roda dua dan empat. (nal/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Persiapan pelaksanaan angkutan Hari Raya Idhul Fitri 1444 H ditahun 2023, perjalanan arus mudik baik yang akan keluar maupun masuk di Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit yang mana angkutan mudik di tahun 2023i diprediksi akan meningkat bila di banding 2 tahun sebelumnya sejak dengan semakin menurunnya pandemi Covid 19.

Persiapan pelaksanaan dan penanganan arus mudik angkutan lebaran di tahun 2023, adapun hal-hal yang akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit pada khususnya dalam hal pelayanan angkutan darat, laut dan udara.

Kadishub Sampit, H.Suparmadi mengatakan pelayanan angkutan darat, Dinas Perhubungan akan memanggil semua penyedia jasa angkutan PO Bus, hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kesiapan armada angkutan bus yang akan digunakan.

Di samping itu juga untuk angkutan Travel Dinas Perhubungan akan membuat surat edaran terkait dengan Tertib Pelaksanaan Angkutan Arus Mudik lebaran pada tahun 2023, dan untuk Angkutan Bus yang akan melalui Terminal Patih Tumbuh sebagai Terminal Transiter Angkutan AKDP Trayek Palangka Raya – Sampit – P.Bun, Dinas Perhubungan Kabupaten Kotim bersama BPTD (Kemenhub) Wilayah XVI Kalteng, Dishub Provinsi Kalteng dan Satlantas Polres Kotim akan melakukan Ramp Cek / Pengecekan Fisik Kendaraan Angkutan AKDP pada H-7 Arus Mudik lebaran 2023.

“Di Terminal Patih Rumbih Sampit hal ini dilakukan sebagai upaya bersama untuk mejamin kelaikan kendaraan Angkutan AKDP yang akan melayani angkutan orang di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Kotim.”Ujar Suparmadi kepada infobanua Sampit, Senin (27-3-2023).

Ditambahkannya bahwa Dinas Perhubungan Kabupaten Kotim bersama Satlantas dan Instansi terkait akan membuat Pos Pengamanan yang tersebar di beberapa titik Pengamanan meliputi di antaranya,Pos Islamic Center, Pos Pengamanan MT. Haryono, Pos Pengamanan Pelita, Pos Pengamanan Vavo, Pos Pengamanan Pasar PPM, Pos Pengamanan Icon Jelawat, Pos Pengamanan Pelabuhan Pelindo III Sampit, dan Pos Pengamanan Bandara. H. Asan.

Terkait soal pelayanan arus mudik itu ucap Suparmadi, bagi masyarakat yang menggunakan angkutan kapal penumpang (laut) Dishub Kabupaten Kotim akan menyiapkan Terminal Kedatangan atau kantor UPTD Dermaga sebagai lokasi tempat beristirahat sementara bagi pemudik yang akan melanjutkan perjalanan dengan kapal laut.

“ Penyiapan tenda dan yang lainnya akan berkoordinasi dengan Instansi terkait, jika ketika pemudik tidak bisa tertampung oleh armada kapal yang ada,”Jelas Suparmadi dalam hal ini dinas Perhubungan Kabupaten Kotim akan berkoordinasi dengan KSOP kelas III Sampit dan Operator Kapal yakni Pelni dan Dharma Lautan Utama untuk Penyediaan Tambahan Cal Kapal.

Sementara Dinas Perhubungan Kabupaten Kotim melalui Bidang LLA dan UPTD Terminal Patih Rumbih akan bersama-sama dengan Unsur Dinas Kesehatan dan Kepolisian Resort Kotim dalam hal kesiapan pengecekan Test Urine bagi Sopir angkutan AKDP dan angkutan Travel yang akan melayani angkutan mudik lebaran 2023.

Bukan hanya sampai disitu saja Dishub Kotim juga akan melakukan pendataan terhadap angka keberangkatan dan kedatangan Arus Mudik lebaran baik yang menggunakan Angkutan Darat, Laut dan Udara sebagai bahan evaluasi dalam Pelaksanaan Angkutan mudik lebaran tahun 2023.
“Untuk layanan arus mudik dengan menggunakan angkutan udara di Bandara H Asan Sampit, akan berkoordinasi dengan Ka. UPBU H. Asan Sampit,” terangnya kembali.

Untuk menjamin keselamatan pengguna kendaraan yang melintasi Ruas Jalan utama baik di Kabupaten Kotawaringin Timur, Dinas Perhubungan, Satlantas Polres Kotim serta Dinas PUPRPRKP Kabupaten Kotim dan Jasa Raharja H-20 sebelum Hari Raya Idul Fitri akan melakukan Ramp Check terhadap Kondisi Jalan yang akan dilintasi pemudik, sehingga sebelum pelaksanaan arus mudik untuk jalan yang berlubang dan lokasi Daerah Rawan Kecelakaan dapat ditangani lebih awal.

“Semoga di Hari Raya Idhul Fitri tahun ini, semuanya berjalan lancar dan aman.”Harap Suparmadi.

Zainal.

Bagikan:

Iklan