infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI SELATAN Bupati HSS Acmad Fikry dengan Ketua TP PKK Isnaniah Launcing aplikasi SIAPKK Sehati

Bupati HSS Acmad Fikry dengan Ketua TP PKK Isnaniah Launcing aplikasi SIAPKK Sehati

Launcing aplikasi SIAPKK Sehati oleh Bupati HSS H. Acmad Fikry dengan Ketua TP.PKK Hj. Isnaniah ditandai dengan penempelan tangan pada layar monitor.

Kandangan, infobanua.co.id – Launcing aplikasi SIAPKK Sehati oleh Bupati HSS H. Acmad Fikry dengan Ketua TP.PKK Hj. Isnaniah ditandai dengan penempelan tangan pada layar monitor. Aplikasi SIAPKK Sehati ini merupakan merupakan aplikasi yang membantu pengelolaan sistem informasi dan data tentang berbagai kebijakan, kegiatan dan program yang diharapkan mampu memberi data dan informasi secara cepat, tepat, akurat,dan menyeluruh mulai dari tingkat Dasawisma, TP. PKK Desa/ Kelurahan, TP. PKK Kecamatan dan TP PKK Kabupaten.

Bupati HSS Achmad Fikry selaku Ketua Dewan Pembina TP-PKK Kab. HSS. Turut hadir Ketua TP PKK Kab. HSS Hj. Isnaniah A Fikry bersama seluruh pengurus PKK Kabupaten, Sekda HSS H. M Noor, dan para Kepala OPD di lingkungan Kab. HSS. Dalam upaya menyamakan persepsi tentang kelembagaan kesekretariatan dan mengevaluasi pelaksanaan program, TP PKK Kab. HSS menggelar rapat koordinasi program kerja bertempat di Pendopo Bupati HSS, Kamis (25/5/2023).

Peserta rapat sebanyak 250 orang terdiri dari Pengurus PKK Kabupaten, Pengurus PKK Kecamatan dan Ketua TP. PKK Desa dan Kelurahan se Kab. HSS.

Secara khusus rakor ini mengharapkan kelompok Dasa Wisma dapat aktif pada semua desa dan kelurahan karena kelompok Dasa Wisma merupakan ujung tombak PKK. Selain itu juga diharapkan buku-buku kelompok Dasa Wisma dan administrasi Pokja terisi dengan baik.

Ketua TP. PKK Hj. Isnaniah dalam sambutannya mengatakan rakor ini menjadi momentum yang tepat untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan PKK agar semakin dekat keberadaannya bagi masyarakat.

“saya berharap peran aktif seluruh peserta, para pengurus TP. PKK kabupaten, PKK Kecamatan beserta PKK desa/kelurahan untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk kader dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK” kata Hj. Isnaniah.

Sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, PKK ucap Hj. Isnaniah harus menyusun program kerja yang terencana dan tepat sehingga hasil yang dicapai akan menyatu dengan program pemerintah.

“sehingga melalui rapat koordinasi ini kita dapat mengevaluasi program kerja terdahulu untuk selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan,” ucapnya.

Dikatakanya, TP. PKK Kab. HSS telah mempunyai inovasi SIAPKK (Sistem Informasi Administrasi PKK) yaitu sebuah aplikasi dengan proses penginputan dengan penyajian data secara sistematis sehingga menghasilkan suatu informasi sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang bersifat baru dan berbeda dari yang sudah ada dan dikembangkan melalui ide-ide dari PKK yang bernilai ekonomis, efisien dan atau berbasis teknologi.

Sementara itu Bupati HSS H. Achmad Fikry menyatakan saat ini tugas pemerintah dalam hal peningkatan kesejahteraan keluarga sangat di topang oleh kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah termasuk dalam upaya menurunkan angka stanting dan menekan kematian ibu dan bayi pada saat melahirkan.

“Karena dari indikator inilah yang bisa berpengaruh terhadap keberhasilan pembangunan yang diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM, sehingga peran ibu-ibu PKK Kecamatan dan Desa melalui kader-kadernya yang ada di Posyando bisa berperan lebih aktif lagi,” katanya.

Berkaitan dengan keberadaan kader, Bupati H Achmad Fikry mengaku bersyukur karena di PKK Kab. HSS sudah ada kader yang bisa diandalkan di berbagai kegiatan. Kader yang potensial di tiap desa itu sebenarnya ada tinggal bagaimana kita mengawal mereka sehingga mereka bisa berperan lebih aktif lagi.

Selain itu juga diserahkan bantuan paket untuk kader PKK yang dinyatakan berpenghasilan rendah. Paket diserahkan oleh Ketua TP. PKK Kab. HSS yang diterimakan atau diwakili oleh Sekretaris PKK Kecamatan se Kab. HSS.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan