infobanua.co.id
Beranda Health BPJS Kesehatan Pastikan Layanan di Faskes Berjalan Optimal

BPJS Kesehatan Pastikan Layanan di Faskes Berjalan Optimal

Anggota Dewas Pengawas (Dewas) BPJS Kesehatan Siruaya Utamawan melakukan kunjungan langsung ke RSI Sultan Agung Kota Banjarbaru, Selasa (31/01).

Banjarmasin, infobanua.co.id Anggota Dewas Pengawas (Dewas) BPJS Kesehatan Siruaya Utamawan melakukan kunjungan langsung ke RSI Sultan Agung Kota Banjarbaru, Selasa (31/01). Kegiatan ini dilaksanakan guna memastikan seluruh pelayanan kesehatan kepada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah berjalan optimal.

“Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan bahwa peserta JKN tidak ada yang merasa kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Memastikan bahwa pelayanan yang diterima di fasilitas kesehatan salah satunya di rumah sakit ini, apakah memang sudah berjalan dengan baik. Tentunya kami juga melakukan komunikasi langsung dengan Peserta JKN untuk mengetahui secara langsung pelayanan yang diterima, jangan sampai ada yang mendapat pelayanan yang kurang baik atau justru malah sama sekali tidak mendapat pelayanan,” ujar Siruaya di tengah kunjungan di RSI Sultan Agung Banjarbaru.

Lebih lanjut, Siruaya menjelaskan dengan adanya penyesuaian tarif baru Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2023, rumah sakit dapat lebih patuh dan memberikan pelayanan kesehatan bagi Peserta JKN dan juga menerapkan ketentuan-ketentuan sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan BPJS Kesehatan.

“Untuk memastikan kepatuhan tersebut kami melakukan diskusi secara langsung dengan pihak manajemen rumah sakit, kami harap pengelolaan Program JKN sudah sesuai di rumah sakit ini. Beberapa poin penting yang menjadi perhatian kami adalah tidak adanya overdiagnosis, pengajuan klaim dengan pengkodingan yang sesuai, pelayanan rawat inap sesuai ketentuan, kesuaian dokter dengan jam praktik dan sarana prasarana, hingga implementasi antrian online dan ketersediaan display tempat tidur,” jelas Siruaya.

Melalui kesempatan diskusi ini juga, Siruaya ingin mendapatkan secara langsung masukan atas dampak kenaikan tarif berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2023 kepada pengelolaan operasional dan finansial rumah sakit.

Direktur RSI Sultan Agung Banjarbaru Rifqiannor yang mendampingi secara langsung kunjungan Dewas BPJS Kesehatan turut menyampaikan apresiasi dan komitmen terhadap BPJS Kesehatan untuk selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh pasien.

“Melalui kunjungan ini kami sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan, tentunya masukan dan hasil dari diskusi bersama hari ini dapat menjadi koreksi bagi kami agar menjadi lebih baik lagi ke depannya. Kami selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh pasien kami termasuk Peserta JKN. Kami berkomitmen untuk selalu complie terhadap kebijakan yang telah ditetapkan dan terus menjalin komunikasi dengan BPJS Kesehatan untuk pelayanan yang optimal,” ujar Rifqiannor. (YG/gn)

Bagikan:

Iklan