infobanua.co.id
Beranda SUMATERA UTARA Pj Wali Kota Tebingtinggi Bertindak Sebagai Irup Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Pj Wali Kota Tebingtinggi Bertindak Sebagai Irup Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Hari Lahir Pancasila tahun 2023, Pemerintah Kota Tebing Tinggi menggelar upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Pj. Wali Kota Drs. Syarmadani, M.Si, Kamis (01/06/2023) di Lapangan Merdeka, Jl. Sutomo, Kota Tebingtinggi.

Sumut, infobanua.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023, Pemerintah Kota Tebing Tinggi menggelar upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Pj. Wali Kota Drs. Syarmadani, M.Si, Kamis (01/06/2023) di Lapangan Merdeka, Jl. Sutomo, Kota Tebingtinggi.

Upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, diikuti oleh unsur Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD, perwakilan ASN, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, perwakilan pelajar dan mahasiswa Kota Tebing Tinggi serta tamu undangan lainnya.

Bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup), Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si membacakan langsung pidato bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Dalam isi pidato yang dibacakan oleh Pj. Wali Kota tersebut dikatakan bahwa Pancasila ditetapkan sebagai dasar dari Philosofische Grondslag.

“Sebagaimana kita ketahui hari lahirnya Pancasila tepat pada tanggal 1 juni 1945, dimana genap 78 tahun lamanya setelah adanya deklarasi hasil rapat BPUPKI menyatakan bahwa pancasila ditetapkan sebagai dasar dari Philosofische Grondslag atau bisa dikatakan sebagai dasar filosofi bagi bangsa Indonesia tercinta,” ucap Pj. Wali Kota membacakan isi sambutan Presiden RI, Joko Widodo.

Pancasila, sambung Pj. Wali Kota sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan general, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” sambungnya.

Dikatakan Presiden RI dalam sambutan tertulisnya, bahwa Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga, baik di masa dulu sekarang dan masa yang akan datang.

Selain hal tersebut, disampaikan juga dalam sambutan tertulis Presiden RI bahwa Pancasila telah membuktikan kekuatannya dalam menghadapi masalah global, seperti Pandemi Covid-19.

“Bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis dalam menghadapi masa Pandemi Covid 19. Hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Kedepan kita akan mewujudkan Indonesia semakin maju dan berkembang,” ujar Pj. Wali Kota.

Himbauan terkait pesta demokrasi pemilu 2024 juga turut disampaikan Presiden RI dalam isi sambutannya.

“Bahwa tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur aman dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan dalam menciptakan suasana yang aman dan damai,” lanjut Pj. Wali Kota.

Lain dari itu, Presiden RI juga menyampaikan terkait angka stunting yang masih tinggi di Indonesia.

“Pada kesempatan ini saya sampaikan bahwa angka stunting Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO yaitu 20 persen. Untuk mengatasinya saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong-royong bersama sama peduli terhadap generasi penerus bangsa,” tambahnya.

Terkahir, Presiden RI dalam sambutan tertulisnya mengajak segenap bangsa Indonesia untuk berkomitmen membangun peradaban dan pertumbuhan global dengan menguatkan jati diri dan karakter bangsa sikap dan perilaku patriot cinta tanah air.

“Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini marilah kita bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa. Sikap dan perilaku patriot cinta tanah air sudah menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, mari kita terus semangat dalam perjuangan Pancasila dari Sabang sampai Merauke,” tutup Pj. Wali Kota mengakhiri sambutan tertulis Presiden RI.

Turut hadir mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, Kapolres Tebing Tinggi, AKBP Andreas LJ Tampubolon, Kepala BNNK Tebing Tinggi, Alexander S. Soeki, Ketua DPRD Tebing Tinggi, Basyaruddin Nasution, Wakil Ketua DPRD, HM Azwar, Kalapas Klas IIB Tebing Tinggi, Anton Setiawan, Danyon Sat Brimob Tebing Tinggi, Kompol Heriyono, Wakarumkit Bhayangkara Kota Tebing Tinggi, Kompol Aswin Sembiring, Dansub Denpom 13 TT, Kapten CPM Nurdin Nasution, Danramil 13 TT, Kapten Inf Yudi Chandra Gurning, Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi, Cut Carnelia, Ketua Pengadilan Agama, Ridwan Harahap, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

Ari

Bagikan:

Iklan