Categories: Nunukan

Tindak Pidana Perdagangan Orang Semakin Laris Manis di Nunukan Wilayah Perbatasan

Nunukan, infobanua.co.id – Tim Mabes Polri di bawa Komando Irjen Pol Asep Edi Suheri Sukses Amankan Ratusan TKI Illegal melibatkan TNI Polri.  Dalam Realise oleh tim TPPO berlangsung di polres Nunukan Polda Kalimantan Utara, Kamis 8/9_2023.

Menurut tim mabes Polri bahwa tim ini dibentuk oleh Kapolri dan mendapat persetujuan dari Presiden Republik indonesi, terkait tindak pidana pemberantasan perdagangan orang satgas ( tppo) Polri berlangsung di Nunukan provinsi Kalimantan Utara berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

Menurut Irjen Pol Asep Edi Suheri didampingi personil Polda kaltara dan polres Nunukan melakukan upaya penegakan hukum terhadap jaringan TPPO di Nunukan pada hari 6_8Juni 2023 yang lalu.

Hingga sat ini tepat pada 8 juni 2023 tim gabungan Satgas TPPO Polri Polda polres sukses amankan mengungkapkan 8 kelompok  jaringan Tppo pelakunya 8 orang tersangka yakni H.J.AW.LO,U.LP..HZ. dan YBS. Dan para tersangka  dijeret dengan pasal 10 UU.No.21 Thn 2007 tentang pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang subsidi 81 Jo pasal 69 dan UU No :18 tahun 2017 tentang perlindungan Pejerja Imigran Indonesia, dengan ancaman Pidana 10  tahun dan Denda Rp.600.000.000 (600 juta).

Modus operandi ini dilakukan para pelaku memanfaatkan jalur resmi dan jalur tidak resmi atau jalur tikus diwilayah perbatasan untuk mengirimkan Pekerja Imigran Indonesia keluar negeri ” khususnya bagi penguna Jalur Resmi dan pelaku akan merekrut para korban dari daerah asalnya, kemudian menyiapkan tiket perjalanan lalu berangkat bersama korban menuju Malaysia dengan.mengunakan kapal laut, pada modus ini para korban sudah memiliki paspor, namun tidak dilengkapi dengan persyaratan wajib seperti yang tertuang dalam dalam UU No 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja Imigran Indonesia.

Dan pelaku ini mengunakan jalur illegal atau jalur tikus dan mereka berperan sebagai kordinator pengiriman dari Kabupaten Nunukan ke rawau dan pelaku akan menjemput para korban di pelabuhan Tunan Taka kabupaten Nunukan dan.memberikan penampungan sementara para korban lalu menyiapkan Moda teanportasi menuju tawau Malaysia.

Menurut Irjen Pol Asep Edi Suheri bahwa kita berupaya mengungkap yang dibentuk oleh Kapolri yang diberi nama Satgas TPPO Polri Polda kaltara polres nunukan dan melibatkan beberapa intansi seperti Sanadar. Pelni Pelindo dan atas pengukuran yang dilakukan oleh Tim Gabungan berhasil mengamankan korban sebanyak 123 orang korban uang terdiri dari 74 laki laki,  29 orang Perempuan dan sebanyak 20 anak anak mereka korban ini berasal dari Sulawesi. NTT dan bahkan dari jawa timur.

“Seluruh korban akan kita Pulangkan ke daerah asalnya dengan di fasilitasi oleh BP3MI, selain itu tim juga akan melakukan penyitaan barang bukti berupa32 unit ponsel dan 2 kartu keluarga, 54 KTP dan 45 paspor,” ujar irjon pol Asep Edi Suheri.

(Yuspa)

infobanua

Recent Posts

Salat Hajat Bersama Ulama dan Tokoh Masyarakat: Tapin Siapkan Diri untuk Kejurnas Rally

RANTAU, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar salat hajat bersama ulama, umara, dan tokoh masyarakat…

55 menit ago

Pernyataan Sikap Terhadap Tidak Diakomodirnya Putra-Putri Dayak Dalam Kabinet Prabowo-Gibran Priode 2024-2029

infobanua, Jakarta - Majelis Adat Dayak Nasional(MADN),Dewan Adat Dayak(DAD) se-Indonesia,dan organisasi masyarakat Dayak se-kalimantan dengan…

1 jam ago

Disbudporapar Banjarmasin Gelar FGD Desain Olahraga Daerah untuk Implementasi DBON

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dalam rangka mendukung implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan memastikan pembangunan…

2 jam ago

PJ Bupati HSS Resmikan Sosialisasi Pemilih Pemula untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Kandangan, infobanua.co.id – Pejabat (PJ) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Endri, A.P., M.AP., secara resmi…

3 jam ago

Event Jelajah Literasi. Bupati Sampaikan Ini

BATULICIN, infobanua.co.id - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten (dispersip) Tanah Bumbu Gelar Event Jelajah Literasi…

3 jam ago

Indosat Business Perkenalkan Solusi IoT untuk Mendukung Konservasi Mangrove di Indonesia

Jakarta, 17 Oktober 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui Indosat Business, menegaskan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan…

3 jam ago