infobanua.co.id
Beranda Jawa Tengah Anggota Polisi Sragen Bersihkan Sampah Menumpuk di Bantaran Sungai Garuda, Ini Penjelasan Kapolres

Anggota Polisi Sragen Bersihkan Sampah Menumpuk di Bantaran Sungai Garuda, Ini Penjelasan Kapolres

Kegiatan bersih-bersih sampah secara serentak di Sragen dipimpin langsung Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama dengan melibatkan seluruh anggota Mapolres Sragen, TNI Kodim 0725 Sragen, Pramuka Saka Bhayangkara serta warga kampung Mageru Sragen.

Sragen, infobanua.co.id – Polisi Sragen Bersih-Bersih Serentak, Simak Keterangan Kapolres Berikut Ini ; Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah ke Sungai

Polres Sragen Polda Jateng –  Ada yang berbeda di seputaran Sungai Garuda hari ini, sejumlah Polisi berpakaian training kuning nampak mewarnai setiap bantaran sungai, berjibaku bersama warga adakan bersih-bersih sampah yang menumpuk di seputaran Sungai Garuda.

Kegiatan bersih-bersih sampah secara serentak di Sragen dipimpin langsung Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama dengan melibatkan seluruh anggota Mapolres Sragen, TNI Kodim 0725 Sragen, Pramuka Saka Bhayangkara serta warga kampung Mageru Sragen.

Dalam keterangannya disela-sela memimpin kegiatan bertajuk “Membersihkan Sampah Serentak Bersama Polri ini, Kapolres menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah diselenggarakannya dalam rangka menindak lanjuti kegiatan yang dilaksanakan secara serentak hari ini Kamis, (13/07/2023) oleh jajaran Kepolisian di Indonesia.

Menindaklanjuti perintah tersebut, Kapolres lantas mengerahkan seluruh anggotanya, dengan menggandeng pula masyarakat peduli lingkungan di kampung Mageru, TNI serta pramuka Saka Bhayangkara, terjun membersihkan sampah yang menumpuk di sungai Garuda.

Kegiatan ini pula dalam rangka menjaga lingkungan tetap indah, sehat terutama di tempat-tempat yang rawan akan timbunan sampah seperti salah satunya di seputaran sungai atau bantaran sungai.

AKBP Piter menghimbau kepada masyarakat, agar bersama-sama menjaga keindahan dan kebersihan Kota Sragen dengan tidak membuang sampah di sungai.

Saat ditanya sejumlah wartawan di lokasi pembersihan limbah dan sampah ini, Kapolres menguraikan bahwa dirinya juga mengapresiasi masyarakat yang telah  turun ambil bagian dalam kegiatan kebersihan lingkungan ini.

” ini jadi momentum ajakan Polri terhadap masyarakat untuk bersih-bersih, “ ujar Kapolres.

“Ayo kita bersih-bersih, kita jaga sungai jangan buang sampah sembarangan ke sungai, karena akan merusak ekosistem. Kalau sungainya bersih, airnya jernih kita juga yang sehat. Tadi saya lihat pembuangan limbah dari rumah-rumah mengarah ke sungai, “ tambah Kapolres.

Kapolres juga menyakini bahwa dinas terkait seperti dinas kesehatan, petugas kebersihan sudah maksimal melaksanakan perannya.

“ Kita menghimbau dan mengajak masyarakat, marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan Kota Sragen yang kita cintai ini, bersih dari sampah, utamanya diawali dengan jangan membuang sampah sembarangan ke sungai, yang akan mencemari dan membuat lingkungan tidak sehat, ” ujar Kapolres.

Kegiatan bersih-bersih sampah ini dilakukan Polres Sragen dengan membagi personel menjadi beberapa regu, untuk di sebar di beberapa titik lokasi bantaran sungai Garuda.

Masing-masing regu memiliki tanggungjawab dilingkungannya, yang kesemuanya wajib mengangkut sampah, mulai dari sampah daun kering yang berada dibantaran sungai, membersihkan rumput yang menghambat aliran sungai serta yang utama adalah sampah plastik berasal dari limbah keluarga, kemudian sampah-sampah tersebut akan dikumpulkan dan dibuang ke TPA sampah.

“ Awalnya sungai ini sangat kotor. Sampai plastik berisi limbah dari keluarga ada dimana-mana. Sementara daun kering serta rumput liar yang berada di bantaran sungai juga mengganggu aliran sungai, sehingga membuat sungai Garuda ini cukup kotor. Namun dengan kegiatan ini, Alhamdulillah sungai sudah bersih dari kotoran seperti yang terlihat sekarang ini, “ tandas Kapolres.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan membersihkan sampah serentak bersama Polri kali ini, mengerakkan hati masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai, atau ke tempat sembarangan untuk menjaga lingkungan tetap sehat, “ pungkasnya.

(Hms/Vio Sari)

Bagikan:

Iklan