infobanua.co.id
Beranda Ekonomi Gedung Kanwil DJBC Kalimantan Bagian Selatan Berkonsep “Green Building”

Gedung Kanwil DJBC Kalimantan Bagian Selatan Berkonsep “Green Building”

Kantor Kanwil DJBC Kalbagsel serta telah diresmikan oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani pada Selasa 25 Juli 2023. Dengan kehadiran gedung kantor yang baru ini diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan kinerja Kanwil DJBC Kalbagsel dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Banjarmasin, infobanua.co.id – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Selatan sebagai salah satu instansi vertikal Kementerian Keuangan, yang pada saat terbentuk pada tahun 2017 belum mempunyai gedung kantor sendiri dan sementara masih menempati sebagian Gedung Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea da Cukai TMP B Banjarmasin. Untuk itu diperlukan pembangunan gedung yang representatif untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kanwil DJBC Kalbagsel.

Proses pembangunan dimulai dengan usulan pendanaan APBN pada 2018, yang akhirnya mendapatkan persetujuan dengan mekanisme proyek multiyears 2020-2022. Perencanaan teknis Gedung dimulai di tahun 2020 oleh PT. Yodya Karya (Persero), sedangkan pelaksanaan pembangunan fisik oleh PT. Totalindo-Masco Energi KSO di bawah pengendalian teknis konsultan manajemen konstruksi PT. Virama Karya (Persero).

Pembangunan gedung yang menyerap anggaran untuk proyek fisik senilai Rp.61.397.174.162,00 ini dimulai sejak 10 Desember 2021 sampai dengan 30 Maret 2023, termasuk didalamnya pemberian kesempatan tambahan waktu selama 90 hari untuk menyelesaikan pekerjaan fisik gedung.

Proses pembangunan Gedung menghadapi cukup banyak tantangan, seperti kondisi lahan proyek yang relatif kecil dengan akses masuk cukup sempit di pusat bisnis kota,  kontur tanah rawa, lokasi yang dikelilingi oleh beberapa bangunan yang telah berusia tua dan juga risiko kemiringan bangunan sekitar yang cukup menghawatirkan. Ini merupakan sebuah tantangan besar bagi kontraktor pelaksana PT. Totalindo-Masco Energi KSO di bawah manajemen lapangan PT.Totalindo Eka Persada,TBK yang belum begitu mengenal karakter tanah di Banjarmasin. Di sisi lain yang tak kalah menantang adalah adanya fluktuasi harga material yang signifikan sebagai efek geliat konstruksi pasca pandemi dan pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak di tahun 2022.

Pada pelaksanaan proyek pembangunan gedung Kanwil DJBC Kalbagsel ini mendapat asistensi teknis dari Dinas PU Propinsi Kalimantan Selatan, Dinas PUPR Kota Banjarmasin, perizinan dari Pemerintah Kota Banjarmasin, dan juga pendampingan dari Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan untuk memastikan  proyek dapat berjalan baik sesuai dengan yang telah direncanakan

Gedung Kanwil DJBC Kalbagsel yang mempunyai 5(lima) lantai merupakan gedung pemerintahan di pusat kota Banjarmasin dengan konsep “green building” dimana dengan konsep “green building” ini diharapkan mampu menjadi percontohan gedung pemerintahan yang ramah lingkungan di Kalimantan Selatan.

Konsep ramah lingkungan gedung Kanwil DJBC Kalbagsel ini akan menjadi pencapaian baru di bumi Kalimantan sebagai hasil dari perencanaan desain yang tepat, pelaksanaan konstruksi yang ramah lingkungan dan pengoperasian gedung yang efisien. Hal itu dapat terwujud dengan melalui penggunaan air dan sumber daya lain secara efisien, memanfaatkan energi terbarukan, daur ulang limbah, desain bangunan yang dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang diharapkan dapat berkontribusi dalam mengurangi dampak negatif bagi lingkungan sekitar.

Pimpinan di Kementerian Keuangan maupun Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mempunyai harapan agar gedung Kanwil DJBC Kalbagsel nantinya berhasil mendapatkan sertifikasi “green building”  dengan kriteria “new building” dengan kinerja gedung optimal, oleh lembaga independen Green Building Coucil Indonesia (GBCI) yang terafiliasi dengan World Green Building Council (WGBC). Beberapa kriteria penilaian untuk meraih sertifikasi antara lain meliputi: tepat guna lahan, efisiensi energi dan refrigerant, konservasi air, sumber dan siklus material, kualitas dan kenyamanan udara serta manajemen lingkungan bangunan.

Saat ini  pembangunan Gedung telah selesai dan siap digunakan sebagai kantor Kanwil DJBC Kalbagsel serta telah diresmikan oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani pada Senin 24 Juli 2023. Dengan kehadiran gedung kantor yang baru ini diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan kinerja Kanwil DJBC Kalbagsel dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Rel/IB

Bagikan:

Iklan