Categories: Penajam Paser Utara

Perbup Batas Desa Jadi Syarat Mutlak Dalam Pemekaran Desa

PENAJAM, infobanua.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menyebutkan bahwa syarat untuk menjadi pemekaran desa harus memiliki Peraturan Bupati mengenai atas desa induk yang siap dimekarkan. Pihaknya saat ini mulai melengkapi berkas serta dokumen yang dibutuhkan untuk pemekaran Desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

 

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Basri menyampaikan, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus disiapkan dalam proses pemekaran desa.

 

“Jadi ada beberapa syarat, setiap proposal harus memiliki Peraturan Bupati (Perbub) tentang batas desa ini, dan itu sudah syarat mutlak di kemandagri (kementerian dalam negeri),” ucapnya, Selasa (1/8/2023).

 

Dengan demikian, pemerintah desa induk, harus memiliki perbup tersebut agar menjadi landasan dalam memekarkan suatu daerah.

 

“Ya ini setiap desa harus memiliki perbup batas desa ini, dan saat ini sedang diurus oleh Pemerintah Daerah Kabupaten PPU,” jelasnya.

 

Dirinya mengatakan proposal pengajuan Pemekaran Desa saat ini yang masuk dalam DPMD sudah dalam tahap evaluasi dokumen, dari tim pemekaran desa tingkat Kabupaten.

 

“Ada beberapa proposal yang perlu direvisi dan kami kembalikan untuk melengkapi dokumen pemekaran desa, yang nantinya akan diperiksa oleh pemerintah Provinsi dan Pusat,” ujarnya. (ADV).

infobanua

Recent Posts

Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024, Bukti Kesuksesan Penataan Transportasi

Jakarta, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berupa Wahana Tata Nugraha…

7 jam ago

Lima Presidium KAI Kalsel Resmi Dilantik, Siap Angkat Kembali Marwah Organisasi

Banjarmasin, infobanua.co.id – Setelah melalui proses panjang dan intensif, Konferensi Daerah Luar Biasa Kongres Advokat…

7 jam ago

Wali Kota Banjarbaru Raih Tiga Penghargaan Nasional dalam Sepekan, Terbaru Wahana Tata Nugraha 2024

BANJARBARU, infobanua.co.id – Dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut, Wali Kota Banjarbaru, Muhammad Aditya Mufti…

8 jam ago

Bapaslon Mudyat-WIN Silatuhrami di Desa Giriumukti

PENAJAM, Infobanuo.co.id - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara…

11 jam ago

Sekda Nunukan Resmi Buka Kegiatan Advokasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG)

NUNUKAN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Nunukan kembali menunjukkan komitmen seriusnya dalam mempercepat pengarusutamaan gender. Senin…

12 jam ago

DPRD Kotim Dukung Pasar Murah di Gelar Rutin

Sampit, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sementara, Rinie mendukung penuh jika Pemerintah Kabupaten…

13 jam ago