infobanua.co.id
Beranda KALTIM Penajam Paser Utara Siap Siap! Warga PPU ETLE akan Diterapkan September Mendatang

Siap Siap! Warga PPU ETLE akan Diterapkan September Mendatang

Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Reserse (Polres) wilayah hukum Penajam Paser Utara (PPU) melakukan sinkronisasi data pengguna kendaraan

PENAJAM, infobanua.co.id – Pengguna kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat (R4) wajib tahu informasi ini. Beberapa bulan ke depan, kamera Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik akan menjangkau jalur khusus yang terpasang kamera elektronik.

Saat ini, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Reserse (Polres) wilayah hukum Penajam Paser Utara (PPU) melakukan sinkronisasi data pengguna kendaraan di kabupaten ini.

Saat ditemui diruangan Traffic Management Center (TMC) Kepala Satuan Lalu Lintas AKP Ning Tyas Widyas Mita menjelaskan, saat ini pihaknya melakukan penginputan data kendaraan bermotor maupun roda empat.

Ia mengatakan, bahwa tilang elektronik direncanakan September 2023 mendatang, dan bisa lebih awal dari jadwal yang ditentukan, sembari melihat progres dilapangan dengan kesiapan alat yang sudah terpasang.

” Insya Allah akan dilaksanakan di September, jika tidak ada kendala. Untuk tanggal pastinya nanti diinformasikan,” kata Tyas.

Satlantas Polres PPU juga melakukan sosialisasi jauh sebelumnya, memberikan edukasi kepada masyarakat PPU secara persuasif untuk tertib berkendara.

Untuk itu, Program Traffic Management Center (TMC) terpasang di 10 titik diantaranya, pintu masuk Pelabuhan Ferry Penajam, traffic light atau lampu lalu lintas depan Masjid Ar-Rahman di Kelurahan Penajam, samping Masjid Al Ula di Kelurahan Nenang, traffic light Gerbang Madani di Kelurahan Nipah-Nipah, Komplek B di Kelurahan Petung, Kecamatan Babulu, di Desa Rintik, Kelurahan Riko, Desa Semoi Dua, juga gerbang masuk Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku dan pintu masuk Istana Negara di Kecamatan Sepaku.

Ning Tyas menjelaskan pihaknya bersama satlantas terus melakukan sosialisasi ini secara masif kepada masyarakat dalam mengawali program Program Traffic Management Center.

” Kami memastikan bahwa program ini dapat tersosialisasi secara menyeluruh kepada masyarakat Penajam Paser Utara, tidak langsung diterapkan tanpa adanya pemberitahuan ataupun sosialisasi ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini satlantas polres PPU melakukan tahapan, deteksi, sinkronisasi kendaraan, dan sosialisasi serta uji coba.

Reporter : Syahid Rahman
Editor : Ibrahim

Bagikan:

Iklan