infobanua.co.id
Beranda KALTIM Jembatan Sambaliung Sudah Bisa Dilalui Kendaraan R2, H Gamalis: Pengguna Kendaraan R4 Dimohon Bersabar

Jembatan Sambaliung Sudah Bisa Dilalui Kendaraan R2, H Gamalis: Pengguna Kendaraan R4 Dimohon Bersabar

Prosesi pembukaan Jembatan Sambaliung oleh Wakil Bupati Berau H. Gamalis, (kiri) bersama Wakil Ketua I DPRD Berau Hj. Syarifatul Sahdiah, (kanan) turut hadir OPD Pemkab Berau, beserta Instansi terkait. Foto (Slf IB)

BERAU, infobanua.co.id – Wakil Bupati Berau H. Gamalis meninjau Jembatan penghubung dua Kecamatan, Tanjung Redeb – Sambaliung (Jembatan Sambaliung), Kamis soreh, (10/8/23).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati H. Gamalis mengatakan, Jembatan Sambaliung hari ini telah di buka, sementara masi dalam tahap percobaan yang dikhususkan untuk roda dua (R2).

“Untuk roda dua saja. Masyarakat pengguna kendaraan R4 tidak bisa melintasi Jembatan Sambaliung. Dimohon bersabar, karena progres belum tuntas,” pintahnya

R4 atau R6 maupun emergency masi tetap di Dermaga Singkuang – Limunjan, menggunakan LCT yang telah disediakan.

Disi lainnya, Dermaga Sanggam yang tadinya digunakan masyarakat menyeberang antar dua Kecamatan bagi pejalan kaki tidak lagi dibuka. Tapi akan kembali fungsihkan hanya untuk Dermaga Speed Boat. Tujuannya, agar tidak ganggu para wisatawan yang hendak ke Pulau Maratua maupun ke Pulau Derawan.

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR-Pera) Provinsi Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda menjelaskan, Jembatan Sambaliung baru akan dioperasikan secara penuh pada akhir September 2023.

Jembatan ini sebelumnya belum terpasang stringer dan tulangan jembatan yang mulai muncul sehingga berpotensi korosi.

Oleh karena itu dilakukan perkuatan pilar 1 dan 2. Selain itu juga dilakukan pembongkaran lantai, pemasangan stringer, penggantian elastomer, dan pemasangan steel deck.

“Nilai kontrak perbaikan jembatan ini sebesar Rp26,8 miliar. Kontrak 24 Maret 2023 dan akhir kontrak 19 Oktober 2023. Total pelaksanaan 210 hari,”  jelasnya.

Hal senada dikatakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perbaikan Jembatan Sambaliung, DPUPR-Pera Prov Kaltim, Nyoman Suardika, bahwa progres Jembatan Sambaliung saat ini mencapi 58 dengan siklus 10 persen, progres terus dikebut sesuai dengan jadwal.

Terkait R4, seperti halnya dikatakan sebelumnya bahwa ada pilar 1 dan 2 Jembatan yang masi tahap pekerjaan.

“Inilah alasannya mengapa R4 atau R6 belum diperbolehkan melintas di Jembatan ini,” terangnya.

Jika diperediksi, semua pengerjaan Jembatan rampung di akhir September 2023. (Adv/Slf)

Bagikan:

Iklan