infobanua.co.id
Beranda Banjarbaru Gubernur Kalsel Ikut Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci di TMP Bumi Kencana

Gubernur Kalsel Ikut Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci di TMP Bumi Kencana

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Roy Rizali Anwar ST., MT., mengikuti dan memberikan penghormatan pada Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Roy Rizali Anwar ST., MT., mengikuti dan memberikan penghormatan pada Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Acara ini diadakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana pada Kamis (17/8) dini hari.

Suasana malam yang hening dengan udara dingin menjadi latar belakang pelaksanaan acara. Pada pukul 00.00 WITA, dengan diiringi cahaya obor, naskah renungan suci yang menjadi simbol penghormatan, dibacakan dengan khidmat oleh inspektur upacara, yaitu Komandan Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Ari Aryanto.

Para pahlawan yang jasa dan pengorbanannya diabadikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana, diberikan penghormatan atas perjuangan mereka bagi bangsa dan negara. Diantara para pahlawan tersebut, terdapat 485 orang anggota TNI/Polri, 5 pegawai sipil, 2 pejuang rakyat, serta 7 pahlawan tak dikenal.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ucap Inspektur upacara.

Tradisi tahunan ini, yaitu apel dan penghormatan di malam renungan suci, diadakan setiap malam menjelang 17 Agustus. Renungan suci ini bertujuan untuk mengenang momen perjuangan para pahlawan pada 17 Agustus 1945 yang penuh pengorbanan, terutama pahlawan asal Kalimantan Selatan.

Terlihat Sekdaprov Roy Rizali Anwar tenggelam dalam khidmatnya saat menghormati dan mendoakan para pahlawan yang gugur dalam upaya merebut serta mempertahankan kemerdekaan RI di Kalimantan Selatan.

Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H. Supian HK, beserta jajaran Forkopimda, kepala SKPD Provinsi Kalsel, Walikota Banjarmasin, Wakil Walikota Banjarbaru, dan sejumlah pejabat lainnya.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan