Launching Arcadumas, Gebrakan Inovasi Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi
Marabahan, infobanua.co.id – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Kuala menggelar Rapat Koordinasi SP4N LAPOR , Rabu (16/8/2023). Koordinasi yang mengundang admin E-Lapor SKPD itu dihadiri oleh Pj. Bupati Mujiyat, perwakilan Ombudsman RI, Staf Ahli Bid. Pemerintahan.
Kepala Dinas Kominfo Batola, Hery Sasmita., S.STP.,MAP Selaku Kepala Dinas Kominfo Batola mengatakan, pihaknya akan membuat inovasi yang bernama “Lapor Aja Ke Pemda”.
“Kenapa kami membuat sebuah inovasi ini, karena saat ini kami melihat pimpinan daerah kami Pj Bupati beserta rombongan selalu menjemput bola dan turun ke lapangan untuk merangkul aspirasi-aspirasi masyarakat yang bisa disebut dengan turun ke desa,” paparnya.
Sehingga, lanjut dia, mereka pun harus mengikuti perkembangan itu dengan berbagai aplikasi dan inovasi yang ada kami siapkan seperti ARCADUMAS Aplikasi Reaksi Cepat Aduan Masyarakat.
Hery juga menerangkan di tahun 2024 juga akan mengadakan jemput bola pengaduan masyarakat, Dimana ada pak Pj. Bupati akan membuka pengaduan masyarakat dan disitu jadi langsung bisa ditanggapi oleh pimpinan.
Dalam laporannya, Hery juga menegaskan apa yang sudah dikatakan Pj. Bupati Mujiyat adalah bagaimana seluruh SKPD dapat melayani dan bagaimana hadirnya pemerintah ditengah-tengah masyarakat.
“Dengan pengelolaan pengaduan ini kita buat nanti dari berbagai media sosial, berbagai komentar di grup-grup whatsapp, akun facebook serta instagram dan sebagainya nanti akan kita himpun kedalam aplikasi E-LAPOR ini, “pungkas Hery.
Dalam arahannya Pj Bupati Mujiyat menerangkan pelayanan publik menjadi isu kebijakan strategis dan dan hangat yang selalu menjadi bahan perbincangan.
“Karena pelayanan publik di Indonesia cenderung jalan ditempat, sedangkan implikasinya sangat luas dalam kehidupan, perbaikan. Peningkatan pelayanan publik merupakan tujuan dari agenda reformasi pemerintah,” paparnya.
Mujiyat menegaskan, untuk mencapai visi dalam good governance, perlu untuk mengintegrasikan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam satu pintu. Tujuannya agar masyarakat memiliki satu saluran pengaduan secara nasional.
Pj Bupati mengatakan, pejabat pemerintah mempunyai tanggungjawab dalam memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada masyarakat. Pemerintah harus hadir ditengah masyarakat di era keterbukaan informasi publik seperti saat ini.
“Oleh karena itu layanan SP4N LAPOR harus bisa dilaksanakan sebaik mungkin sebagai upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas layanan informasi publik kepada masyarakat, karena masyarakat mempunyai hak untuk dilayani dan sebagai pemerintah harus memberikan pelayanan yang prima,“ pinta Mujiyat.
Dia mengharapkan semua dapat berkoordinasi serta berkomunikasi dengan baik, memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.
Selain memberikan sambutan, Mujiyat juga membuka acara Rapat Koordinasi SP4N LAPOR serta secara resmi melaunching ARCADUMAS Aplikasi Reaksi Cepat Aduan Masyarakat.
ARCADUMAS yang digagas oleh Dinas Kominfo Batola bertujuan supaya terkoneksinya laporan masyarakat pada antar admin SKPD, Kepala SKPD dan Kepala Daerah guna mengetahui segera adanya laporan yang masuk melalui notifikasi pada whatsapp dan email, agar respon tindak lanjut aduan masyarakat dapat segera dijawab oleh OPD terkait. adv