Categories: Jawa Timur

PPDI Nganjuk Tuntut Usia Pensiun Perangkat Desa 64 Tahun

Nganjuk, infobanua.co.id – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Nganjuk menuntut tiga hal untuk kesejahteraan dan kepastian dalam pemerintahan desa.Hal tersebut yaitu penambahan batas usia pensiun menjadi 64 tahun, penetapan atribut seragam bagi perangkat desa dan tunjangan perangkat desa.

Soim selaku Ketua PPDI Nganjuk menjelaskan,tuntutan ini berdasarkan pada perkembangan dan kondisi di
pemerintahan desa.Apalagi tugas sebagai perangkat desa sekarang bertambah berat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat secara langsung.

“Itulah mengapa PPDI meminta ada kepastian sebagai rssiko mengemban tugas pemerintahan didesa,” ucap Soim, setelah hearing dengan Komisi 1 DPRD Kabupaten Nganjuk,Rabu (23/8/2023).

Kemudian Wakil Ketua DPRD Nganjuk Jianto mengatakan tiga tuntutan dari PPDI dinilai wajar. Karena bagaimanapun,perangkat desa juga memiliki hak untuk lebih sejahtera.

Jianto menerangkan termasuk usulan usia pensiun 60 tahun bagi perangkat desa sudah sesuai ketentuan dan undang-undang.Sehingga usia pensiun tidak bisa diganti menjadi 64 tahun sesuai permintaan perangkat desa.

“Tetapi itu akan dibicarakan, karena permintaan ya ditampung dan dihormati.Apakah itu disetujui dan diterapkan, harus menunggu hasil pembahasan, dan asalkan tidak melanggar aturan dan Undang-undang kami kira bisa disetujui,” terang Jianto.

Jianto juga mengungkapkan DPRD akan kembali menggelar hearing dengan OPD Pemkab Nganjuk terkait bersama PPDI untuk membicarakan lebih detail permintaan perpanjang usia pensiun perangkat desa tersebut.

“Awal bulan depan kami bisa agendakan kembal permintaan PPDI Nganjuk tersebut.Dan apapun hasilnya nanti kami harap bisa diterima semuanya,” ungkap Jianto.

Selanjutnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Nganjuk Puguh Harnoto menjelaskan sebetulnya dalam undang-undang tentang Desa tidak menyebut usia SK (Surat Keputusan) pengangkatan perangkat desa 60 tahun.

Namun disebut pensiun perangkat desa usia 60 tahun.Dengan demikian apabila ada yang menyebut perangkat desa pensiun hingga usia 64 tahun,itu tidak ada aturannya.

“Jadi yang dihitung masuki pensiun bagi perangkat itu bukan usia SK yang 60 tahun.Namun usia perangkat 60 tahun itu sudah pensiun,” jelas Puguh Harnoto.

Diterangkan Puguh dengan demikian perangkat desa yang berusia 60 tahun dianggap sudah pensiun dan tidak lagi
berhak mendapat siltap (penghasilan tetap dari Anggaran Dana Desa (ADD).

Dan sebenarnya apabila antara kepala desa (kades) dan perangkat desa berkomunikasi dengan baik maka masa jabatan perangkat desa bisa sampai 64 tahun tetapi tidak mendapat Siltap dari ADD. Dan perangkat desa tersebut hanya bisa menggarap tanah bengkok sebagai gajinya.

“Kami kira semuanya bisa diatur dengan  kebijakan dari kades terkait usia pensiun perangkat desa. Tetapi kalau soal Siltap perangkat desa dari ADD harus sampai usia 60 tahun.Karena jika hingga usia 64 tahun tetap dapat Siltap dari ADD, itu bisa melanggar aturan dan ada resiko hukum,” tegasnya.

(prs)

infobanua

Recent Posts

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 untuk Kategori Inovasi Automation dan Gaming

  Telkomsel mendapatkan pengakuan internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 dengan "Indonesia Technology Excellence…

29 menit ago

Proyek Perdamaian di 170 Negara : HWPL Merayakan Satu Dekade Komitmen Global untuk Perdamaian

infobanua.co.id - Dimulai pada tanggal 18 September 2024, HUT ke-10 KTT Perdamaian Dunia HWPL dirayakan…

44 menit ago

Luar Biasa Personel Polsek Bangko Ungkap Peredaran Narkotika Jaringan Internasional

infobanua.co.id ROHIL - Patut diacungi jempol jajaran personel polsek bangko ungkap kasus Tindak Pidana Narkotika…

47 menit ago

Dewan Pers dan KemenPPPA Susun Pedoman Pemberitaan Kekerasan Seksual

Banjarbaru, infobanua.co.id – Dewan Pers, berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, sedang…

2 jam ago

Nol Desa Tertinggal, Desa Awang Bangkal Barat Contoh Desa Mandiri Berpotensi di Kalsel

Banjarbaru, infobanua.co.id - Kolaborasi antara pemerintah dan swasta/ lembaga non pemerintah disertai dengan komitmen masyarakat…

2 jam ago

Indosat Ooredoo Hutchison Group dan Accenture Dorong Percepatan Kedaulatan AI Cloud untuk Gerakkan Masa Depan Digital Indonesia

Jakarta, 17 September 2024 - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group, melalui anak usahanya Lintasarta, telah menjalin…

3 jam ago