infobanua.co.id
Beranda KALTIM Penampilan Mr Jono & Joni Pada Sebuntal Festival 2023 Pecah 5.000 Penonton, Panitia Dapat Apresiasi Dari Wabup Kukar dan Kabid Dispa Kukar

Penampilan Mr Jono & Joni Pada Sebuntal Festival 2023 Pecah 5.000 Penonton, Panitia Dapat Apresiasi Dari Wabup Kukar dan Kabid Dispa Kukar

wakil bupati Kukar, Rendi Solihin.

TENGGARONG, infobanua.co.id – Kemeriahan Sebuntal Festifal 2023, sekitar 5.000 orang memadati lapangan Pasar Rakyat Marangkayu, Desa Sebuntal, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), untuk menyaksikan penampilan dari Mr Jono & Joni.

Acara ini dibuka langsung oleh wakil bupati Kukar, Rendi Solihin. Sekaligus melantik pengurus Kekraf dan membuka Pekan Kreatif Daerah Kecamatan Marangkayu.

Rendi Solihin meminta agar masyarakat yang hadir dapat ikut serta meramaikan produk, maupun jajanan UMKM setempat.

“Selain menjaga kebersihan dan keamanan bersama, ramaikan juga jajanan masyarakat pelaku UMKM, agar pendapatan warga sekitar alami peningkatan, serta ikut terbantu dengan adanya event ini,” tutur Rendi.

Di sisi lain, Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, David HK menambahkan, geliat festival di Kukar akan terus berlangsung hingga akhir 2023.

Sebuntal Festival 2023, awalnya akan digelar pada September mendatang, namun karena pada bulan tersebut akan ada banyak acara besar lainnya, seperti Kukar Berholawat, Kukarland Festival hingga Erau, maka Sebuntal Festival pun dimajukan menjadi akhir Agustus. Kendati demikian, walau tidak sesuai jadwal awal, penyelenggaraan acara tetap berjalan dengan sukses.

“Jadi, event-event seperti ini yang digelar di setiap kecamatan manyasar kearifan lokal, termasuk untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” sambungnya.

Ia lanjut menjelaskan, event festival yang sudah terselenggara maupun yang belum, merupakan program dedikasi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin, yakni Kukar Kaya Festival.

Disampaikannya, Edi-Rendi menginginkan agar event festival tidak lagi terpusat di Tenggarong, namun harus digelar secara merata di setiap kecamatan.

“Ini program dedikasi beliau (Edi-Rendi). Jadi, acara-acara seperti ini tidak hanya digelar di Ibu Kota Kukar saja, tapi menyebar di kecamatan lain,” pungkasnya

Perlu diapresiasi bahwa panitia penyelenggara acara ini adalah murni dari warga lokal, terkhusus para pemudanya. Hal ini mendapat tanggapan dari wabup Rendi dan Kabid Dispa Kukar, David HK.

“Ini murni dari masyarakat dan untuk masyarakat juga. Jadi, kalau hari ini kita bisa menggelar dengan sukses, tertib, sampahnya dibersihkan masing-masing, tahun depan kita buat yang lebih meriah lagi,” ucap Rendi Solihin.

“Dan yang lebih hebatnya lagi, ini semua yang garap masyarakat lokal. Semua yang ada di sini murni dari lokal Kecamatan Marangkayu, mulai dari panitia, pelaku seninya, hingga UMKM-nya,” ujar David HK.
(Diyah)

Bagikan:

Iklan