infobanua.co.id
Beranda KALTENG Bupati Kotim Bagikan 50 Ribu Liter Lebih Sehari Air Bersih di Wilayah Selatan

Bupati Kotim Bagikan 50 Ribu Liter Lebih Sehari Air Bersih di Wilayah Selatan

Bupati Kotim, Halikinnor langsung membagikan air bersih untuk warga wilayah Selatan.(nal/brt).

Sampit, infobanua.co.id – Sejak musim kemarau yang melanda Kabupaten Kotawaringin Timur, selain banyak terbakarnya lahan asap kabut menutupi sebagian arus lalulintas Jalan, Sungai dan Udara warga juga kini kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari hari.

Bupati Kotim,Halikinnor di dampingi Kadis DLH Kotim, Ir.Makmur, Plt Kadis PUPR Kotim, Kasful Zen, Kaban BPBD Kotim, Multajam, Kadis Sosial Wiyono, Camat MHS, Syahrial serta beberapa Kades MHS.
Halikinnor memantau langsung dan membagikan air bersih kepada warga yang yang selama musim kemarau ini kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya, warga antusias menyambut kedatangan mobil mobil tangki dan langsung menyiapkan tempat air.

Dari perbincangan bersama awak media Halikinnor mengatakan bahwa pemerintah daerah telah menyiapkan beberapa mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan warga khususnya air bersih wilayah Selatan ini, dan apabila mobil dianggap kurang pemerintah daerah akan berusaha menambah armada mobil tangki milik perusahaan.

“Kita menyiapkan paling tidak sehari air bersih 50 ribu liter dan apabila itu kurang kita akan tambah armada mobil tangki pinjam dengan pihak perusahaan.”Tegas Halikinnor, Sabtu (3-9-2023).

Halikinnor juga menyampaikan apabila ada warga yang membutuhkan air bersih, bisa menyampaikannya langsung melalui Rt, Kades dan Camat dan ini bisa ditindak lanjuti disampaikan kepada pemerintah daerah kepada dinas yang ditunjuk.

“Bagi warga yang membutuhkan air bersih silahkan sampaikan kepada Rt, Kades atau Camat nanti bisa diatur pengiriman air bersihnya,”jelasnya.

Ditemui disela pembagian air bersih Kaban BPBD Kotim, Multajam terkait mobil tangki yang telah menyeplay air bersih di wilayah Selatan menyebutkan, mobil tangki yang kini membawa air bersih ada mobil tangki milik BPBD Kotim,PMI Kotim,DLH Kotim,Damkar Kotim dan PDAM Kotim.

“Untuk satu unit mobil tangki bisa mengangkut sekitar 5 ribu liter air bersih dan satu hari satu unit mobil tangki 2 kali sehari,” ujarnya.

Sementara ditempat terpisah ditemui Kades Jaya Karet, Fauzi dengan bantuan air bersih kepada warganya, merasa bersyukur, di akuinya sejak musim kemarau ini mereka kesulitan mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi sehari hari dan untuk air sungai mentaya yang biasanya memang satu satunya untuk memenuhi kebutuhan air untuk warga sekarang sudah tidak bisa lagi dikonsumsi.

“Terima kasih untuk Bupati Kotim yang sekarang ini bisa membantu warga saya dengan air bersih, untuk sungai mentaya sekarang ini airnya sudah Payau-hanta,”ungkap Fauzi.

Zainal.

Bagikan:

Iklan