infobanua.co.id
Beranda KOTABARU Bupati Kotabaru Resmi Tutup MTQ Nasional Ke-53 tingkat Kabupaten Kotabaru serta Umrohkan Peserta dan Dewan Hakim

Bupati Kotabaru Resmi Tutup MTQ Nasional Ke-53 tingkat Kabupaten Kotabaru serta Umrohkan Peserta dan Dewan Hakim

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH secara resmi menutup Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an yang ke-53 Tingkat Kabupaten Kotabaru yang berlangsung meriah dengan Kecamatan Pulau Laut Utara meraih juara umum yang berlangsung di Lapangan Siring Laut Kotabaru.

Kotabaru, infobanua.co.id – Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH secara resmi menutup Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an yang ke-53 Tingkat Kabupaten Kotabaru yang berlangsung meriah dengan Kecamatan Pulau Laut Utara meraih juara umum yang berlangsung di Lapangan Siring Laut Kotabaru. Rabu malam (06/09/2023).

MTQ yang diselenggarakan dari tanggal 01 september sampai dengan 06 september 2023 ini diikuti 22 kafilah dari seluruh Kecamatan SeKabupaten Kotabaru. Dan penutupan tersebut berhasil menyedot perhatian warga Bumi Saijaan yang berbodong-bondong datang memadati arena MTQ sekaligus ingin melihat penampilan Opick dari Ibu Kota yang akan menghibur pada malam penutupan ini.

Ketua Panitia Pelaksana, Camat Pulau Laut Sigam Pia Widya Laksmi, P, ST menyampaikan, bahwa pelaksanaan MTQ kali ini berjalan lancar dan sukses.

Dalam sambutan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH sekaligus juga menutup Kegiatan ini mengapresiasi Kegiatan ini dengan harapan dapat meningkatkan kecintaan dan wawasan terhadap Alqur’an.

“Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional ke-53 tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2023,
Merupakan salah satu upaya memacu pengembangan tilawah, kemampuan anak didik, hafalan serta pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci Al-qur’an, dan saya berharap setelah terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi penambahan wawasan serta penghayatan dan cinta terhadap Al-qur’an yang merupakan tuntunan bagi kehidupan selaku umat muslim untuk itu, perlu perhatian penuh keterlibatan lapisan masyarakat,” Ucap Bupati.

Orang nomor satu di Bumi Saijaan ini juga mengucapkan, selamat kepada para peserta terbaik. Dan jangan berkecil hati bagi yang belum meraih juara terus lah asah keterampilan kalian.

“Kepada para kafilah yang meraih juara saya sampaikan ucapan selamat atas keberhasilan yang dicapai, pesan saya teruslah berlatih lebih semangat lagi tingkatkan kualitas dalam pemahaman agama, keimanan dan nilai-nilai kecintaan terhadap Al-qur’an dan buktikan juga bahwa para pemenang dari Kabupaten Kotabaru layak untuk menang di Tingkat Provinsi bahkan Nasional. Sementara itu, bagi yang belum berhasil meraih juara untuk jangan pernah menyerah dan jangan patah semangat. Terus kembangkan potensi diri kalian agar bisa meraih juara pada gelaran MTQ selanjutnya,” Ungkap Bupati Kotabaru.

Dan pada malam penutupan MTQ Nasional ke-53 ini Bupati Kotabaru juga menyampaikan untuk Pelaksanaan MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Kotabaru pada tahun yang akan datang berlangsung di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar.

Sementara itu, dalam sambutan Ketua Umum LPTQ Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM mengungkapkan, untuk para pemenang dari MTQ ke-53 ini akan mewakili Kabupaten Kotabaru pada Penyelenggaraan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga diharapkan kepada LPTQ Kotabaru untuk terus memberikan pembinaan.

“Mudah-mudahan dari para Pemenang yang meraih nilai terbaik merupakan perwakilan dari Kotabaru untuk mewakili kita di Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang nanti akan dilaksanakan di Kabupaten Tapin. Sehingga diharapkan kepada para pemenang untuk menyiapkan diri dengan LPTQ Kotabaru untuk terus memberikan pembinaan untuk menyiapkan para pemenang yang nanti akan mewakili kita Kabupaten Kotabaru ke tingkat Provinsi,” Jelas Sekda Kotabaru.

Sedangkan dalam sambutan Kepala Kementrian Agama Kotabaru Dr. H. Ahmad Kamal,S.HI,M.Ag menjelaskan, pelaksanaan MTQ ini memberikan Spirit dan membangun mental yang religius untuk generasi kita di Kabupaten Kotabaru.

“Dari pelaksanaan MTQ ini memberikan Spirit untuk selalu dekat dengan Al-qur’an, menumbuhkan syafaat kepada kita,” Jelasnya.

Selain itu, Kepala Kementrian Agama Kotabaru juga mengucapkan terimakasih Kepada Bupati Kotabaru yang selalu mensuport pelaksanaan kegiatan keagamaan di Kabupaten Kotabaru.

“Mengucapkan terimakasih kepada orang tua, guru agama, yang selalu mendidik dan membina mengajarkan generasi kita. Dan tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar yang selalu mensuport dan mendukung kegiatan keagamaan di Kabupaten Kotabaru yang terus memberikan perhatian kepada guru-guru agama. Selain itu juga, membangunkan Kantor Urusan Agama di Kecamatan Pulau Laut Sigam,” Lanjutnya.

Dimalam penutupan ini Koordinator Dewan Hakim membacakan keputusan tentang penetapan peserta terbaik I,II,III serta Harapan I dan II dengan cabang tilawah, tartil qur’an,qir’at sab’ah, tahfizh, khath, fahmil qur’an, syahril qur’an.
Dimana diantaranya untuk tilawah golongan dewasa Qori terbaik I di raih M. Khairil Anwar dari Kecamatan Pulau Laut Barat sedangkan qari’ah terbaik I Rabiatul Adawiyah Kecamatan Pulau Laut Utara.

Untuk golongan remaja Qari terbaik I Akhmad Reza Kecamatan Pulau Laut Sigam, Qari’ah terbaik I Nur Khadijah Kecamatan Pulau Laut Utara.

Golongan Qira’at Sab’ah terbaik I Abdul Basir Kecamatan Pulau Laut Sigam, Qari’ah terbaik I Rina Mulyana Kecamatan Pulau Laut Utara.

Sedangkan untuk pawai ta’aruf terbaik I diraih Kecamatan Pulau Laut Utara.

Diketahui, pada pelaksanaan MTQ ke-53 ini, Juara Umum diraih Kecamatan Pulau Laut Utara dengam total 80 poin, disusul Kecamatan Kelumpang Hulu 36 poin, Kecamatan Pamukan Barat 36 poin, dan Kecamatan Pulau Laut Timur 20 poin.

Penyerahan piala dan hadiah kepada juara bagi para MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Kotabaru diserahkan langsung oleh Bupati Kotabaru, Wakil Bupati Kotabaru di dampingi Ketua Umum LPTQ dan Kakankemenag dan Forkopimda serta tamu Undangan.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemberian bonus berupa 6 tiket ibadah Umroh untuk para peserta MTQ terbaik, yang secara acak diundi diantaranya adalah Ana Khoiratul dan M. Ihsan cabang golongan hifzhil qur’an 1 juz atau 30 juz dan tilawah serta Mahmudi dari khatil qur’an cabang kontemporer, Harfuddin dari khatil qur’an cabang dekorasi sedangkan Dewan hakim juga diberikan 4 tiket Ibadah Umroh ke Tanah Suci Mekkah yang juga di undi secara acak karena dewan hakim ada 80 orang.
Dan yang beruntung dari dewan hakim yaitu, KH. Mukhyar Darmawi, Doris Handriono, Abdul Muhid, H. Fadlani.

(JL).

Bagikan:

Iklan