Tingkatkan Layanan Aspirasi Publik, Diskominfo HST Gelar Bimtek SP4N-LAPOR
Barabai, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memperkuat pengelolaan pengaduan di tiap OPD lingkup Pemkab HST, Diskominfo HST Gelar Bimbingan Teknis Sistem Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N)- Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), Bertempat di Hotel Grand Dafam Q Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (14/09/2023).
SP4N-Lapor salah satu media pengaduan online yang terintegrasi langsung ke Pemerintah pusat. Kegiatan Bimtek dibuka secara resmi oleh Bupati Hulu Sungai tengah H Aulia Oktafiandi yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Syahruli.
Dalam sambutannya, H Syahruli menyampaikan di era yang serba canggih dan didominasi ilmu pengetahuan dan teknologi ini, Pelayanan sistem informasi pelayanan publik bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk diakses. Teknologi informasi membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan di lingkungan kerja masing-masing,”ucapnya
Hal itu untuk merealisasikan kebijakan “no wrong door policy” dalam menjamin hak sekaligus memberikan akses kepada masyarakat untuk partisipasi dalam menyampaikan pengaduan. sehingga dari setiap aduan yang masuk dapat dikelola secara cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik bagi penyelenggara pelayanan publik.
SP4N-LAPOR memiliki kedudukan penting, Karena memiliki urgensi yang merupakan hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan berkualitas dan juga sebagai bahan evaluasi serta klarifikasi bagi penyelenggara untuk memulihkan ketidakpuasan. “Karena kita tidak akan pernah mengetahui segala kelemahan serta kekurangan pelayanan publik yang kita berikan tanpa adanya kritik, saran, gagasan serta masukan maupun aduan dari masyarakat,”katanya
Lebih lanjut Syahruli megungkapkan, Atas nama Pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Saya menyambut baik dengan diselenggarakannya acara pada hari ini, Karena kita semua menyadari bahwa pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah merupakan implikasi dari fungsi aparatur negara sebagai pelayan masyarakat, sehingga kedudukannya dalam pelayanan publik sangat strategis, Karena akan menentukan sejauh mana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat,”ungkapnya
Untuk itulah dari bimtek ini diharapkan dapat lebih memantapkan pengetahuan para peserta tentang petunjuk teknis dan tata kerja sistem SP4N-LAPOR sehingga nantinya diperoleh persamaan persepsi,”harapnya
Selanjutnya,Kepala Dinas kominfo H Ahmad Syahriani Effendi dalam laporannya mengatakan Bimtek ini memberikan penambahan wawasan dan pengetahuan khususnya kepada pejabat penghubung yang baru di setiap perangkat daerah dan unit kerja tentang mekanisme SP4N-LAPOR,”
“Alur aduan masyarakat ini langsung diterima admin nasional yang akan melakukan verifikasi dan disposisi ke admin instansi Kabupaten yaitu Diskominfo HST yang nanti admin ini akan melanjutkan ke pejabat penghubung OPD bersangkutan untuk ditindak lanjuti segera,” terangnya
Turut hadir selaku narasumber Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Dinas Kominfo Prov. Kalsel Chairun Ni’mah serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Dil/IB